oleh

3 Kegunaan Sematkan Alarm Pada Mobil

PortalMadura.Com – Dunia otomotif saat ini kian canggih, salah satunya dengan disematkannya sistem alarm pada mobil. Sayangnya, ada sebagian orang yang menganggap bahwa keberadaan komponen ini sangat mengganggu karena bunyinya yang begitu nyaring. Akan tetapi, sejatinya alarm pada mobil punya peranan cukup penting karena memiliki berbagai macam kegunaan.

Terutama fungsinya berkaitan erat dengan keamanan serta membantu pemilik untuk mengetahui posisi mobil. Aksesori ini juga mampu menyulitkan tindak kejahatan saat hendak melakukan pencurian. Suara alarm yang kencang lengkap dengan lampu sein berkedip, hal tersebut tentu akan menarik perhatian masyarakat sekitar sebagai salah satu tanda peringatan.

Baca Juga: 4 Penyebab Alarm Mobil Tak Berfungsi yang Perlu Anda Ketahui

Nah, berikut ini tiga kegunaan alarm pada mobil, seperti dikutip liputan6.com dari Garda Oto:

Memberikan Peringatan

Semakin berkembangnya teknologi membuat fungsi alarm mobil juga kian berkembang. Hal pertama fungsi alarm mobil, yaitu memberikan peringatan ketika mobil yang dikendarai hampir menabrak suatu objek. Dengan berbunyi sebelum dan sesudah terjadi benturan. Alarm yang berbunyi keras mampu memberikan tanda telah terjadi sesuatu pada mobil.

Membantu Menemukan Letak Kendaraan

Alarm mobil juga dapat digunakan sebagai alat bantu untuk menemukan lokasi mobil saat lupa memarkirkannya. Dengan bantuan remote control yang terpasang pada kunci mobil, di era digital seperti sekarang ini juga mampu mengkoneksikan alarm pada ponsel, sehingga dengan mudah terlacak.

Menjadi Sistem Keamanan

Pada dasarnya, alarm mobil yang dikendalikan melalui remote control pada kunci mobil dapat digunakan untuk mengaktifkan dan menonaktifkan alarm pada mobil.

Namun, selain itu alarm mobil juga dapat berfungsi sebagai pertanda saat kendaraan berada dalam bahaya. Alarm akan menjadi sebuah peringatan yang menandakan bahwa mobil sedang dirusak atau dicuri, karena terdapat sensor sentuhan dan sensor peringatan.

Untuk itu, ketika pintu mobil dibuka dengan paksa, otomatis alarm akan langsung berbunyi dan menandakan bahwa mobil berada dalam ancaman.

Rewriter : Salimah
Sumber : liputan6.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE