3 Khasiat Luar Biasa Daun Kelor Bagi Kesehatan Tubuh

Avatar of PortalMadura.com
3 Khasiat Luar Biasa Daun Kelor Bagi Kesehatan Tubuh
Ilustrasi

PortalMadura.Com – berasa dari bahasa latin Moringa Oleifera. Daun kelor merupakan tumbuhan dari jenis Moringaceae. Ukuran daun ini kecil dan berbentuk bulat telur. Biasanya, dalam satu tangkai tersusun secara majemuk. Tinggi dari daun kelor itu sendiri 7-11 meter.

Tanaman ini muncul sepanjang tahun dengan bentuk segitiga memanjang. Tanaman daun kelor sering diolah sebagai sayur ataupun kuah. Banyak kandungan manfaat di dalam daun kelor, salah satunya bagi kesehatan tubuh.

Daun kelor bisa mengobati dan mencegah 300 jenis penyakit. Organisasi Kesehatan Dunia melakukan penelitian bahwasannya, daun ini mampu berperan sebagai penambah kesehatan yang murah di negara miskin dan membuat daun ini masuk ke dalam tanaman ajaib.

Ada 3 bagi kesehatan tubuh. Melansir dari laman Merdeka.com Rabu (11/3/2020). Berikut manfaatnya:

Mengobati Kanker

Daun ini memiliki kandungan niazimicin. Kandungan senyawa yang mampu menekan jumlah perkembangan sel kanker di dalam tubuh. Daun kelor juga memiliki kandungan beta-sitosterol yang dapat membantu mengurangi pertumbuhan sel kanker pada prostat.

Hal tersebut disebabkan karena senyawa beta-sitosterol yang mampu mengobati pembengkakan prostat. Sifat dari beta-sitosterol adalah membantu menyeimbangkan gula darah, anti-inflamasi, serta dapat meredakan kram.

Baca Juga : 4 Manfaat Buah Naga Bagi Kesehatan

Menyehatkan Pencernaan

Jenis tanaman ini bisa membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan. Fungsi daun kelor sebagai anti-inflamasi yang baik untuk saluran pencernaan. Penyakit maag dapat berangsur membaik dengan mengonsumsi daun kelor.

Selain sebagai anti-inflamasi, daun kelor juga berperan sebagai antibakteri. Sifat antibiotik dari daun kelor dapat menghambat pertumbuhan patogen dalam tubuh. Vitamin B yang ada pada daun kelor baik untuk kondisi pencernaan.

Meningkatkan Libido

Manfaat daun kelor yang satu ini berkaitan dengan gairah seksual. Perlu Anda sadari menurunnya kemampuan seks dapat mendatangkan stres yang berkepanjangan. Stres mampu meningkatkan produksi dopamine yang menurunkan libido seseorang. Kortisol yang meningkat karena stress inilah penyebab dopamine berkurang.

Sebuah penelitian yang melibatkan stres mengtakan bahwa ekstrak daun kelor bisa meningkatkan kinerja seksual dan menekan kortisol. Penekanan terhadap kortisol mampu membuat hormone testosterone meningkat. Sehingga libido atau gairah seksual seseorang dapat mengalami peningkatan.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.