3 Komponen yang Harus Diperiksa Saat Motor Mogok Setelah Dicuci

Avatar of PortalMadura.com
3 Komponen yang Harus Diperiksa Saat Motor Mogok Setelah Dicuci
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Menghadapi musim hujan seperti ini tentu pemilik sepeda motor harus lebih ekstra menjaga motor kesayangan agar tampilan selalu terlihat keren saat bekendara bukan? Sebab, motor pasti sering kali menghadapi hujan dan genangan air. Jadi, pemilik motor harus wajib mencuci motornya setelah digunakan.

Namun perlu diingat, mencuci motor juga tak boleh asal mencuci saja. Jangan sampai ketika selesai dibersihkan, motor kesayangan sulit untuk dihidupkan. Meski tak berbahaya untuk kesehatan motor, tapi hambatan seperti ini akan sangat mengganggu ketika sedang terburu–buru.

Bila hal tersebut terjadi, tak perlu panik dulu, berikut terdapat tiga komponen yang harus diperiksa ketika motor tak bisa menyala setelah dicuci.

Air Masuk Karburator
Saat dicuci, bisa saja air masuk ke dalam mangkuk karburator secara tidak sengaja. Komponen ini merupakan tempat pembakaran bahan bakar yang bercampur dengan udara, keberadaan air tentu sangat mengganggu.

Solusinya, pemilik kendaraan harus membuka mangkuk karburator. Pastikan, Anda sudah menutup kran bensin terlebih dahulu.

Baca Juga : Begini Trik Jitu Cegah Motor Mogok Saat Musim Hujan

Kop Busi
Kop busi motor bisa menjadi masalah utama pada mogoknya motor karena air sangat mudah masuk ke dalam bagian itu. Kop busi merupakan bagian yang menghubungkan kabel busi dengan busi.

Untuk membersihkannya, pemilik hanya perlu mencopot kop busi dan membersihkannya dengan kain yang kering.

Perangkat Sistem Pengapian
Selain cop busi, bagian elektroda dari busi juga bisa saja mengalami kelembaban akibat terkena air saat motor dicuci. Selain memastikan komponen ini kering, Anda juga harus mengecek kondisi kelistrikan.

Pasang busi pada kop busi, dan tempelkan ulir busi pada blok silinder atau kepala silinder. Coba nyalakan motor dengan kick starter. Jika ada percikan api yang keluar, maka kelistrikan dari motor tak ada masalah.

Namun, jika tidak ada arus listrik yang terlihat, maka pemilik wajib mengecek sistem pengapian seperti soket dari CDI. Telusuri jalur dari pangkal kabel busi. Ikuti jalurnya sampai menemukan komponen lain seperti koil dan CDI. Pastikan tak ada yang salah dengan komponen–komponen ini.

Itulah ketiga komponen yang perlu diperiksa jika sehabis dicuci. Semoga bermanfaat.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.