3 Langkah Mudah Atasi Kecanduan Gadget pada Anak

Avatar of PortalMadura.Com
3 Langkah Mudah Atasi Kecanduan Gadget pada Anak
ilustrasi

PortalMadura.Com – Kalau gadget lepas sebentar saja dari tangan, kita cenderung merasa gelisah. Sekarang, hal ini juga dialami oleh -anak, bahkan balita. Sebagai orang dewasa, tentu kita khawatir hal tersebut dapat mengganggu tumbuh kembangnya.

Nah, berikut ini tips mengatasi kecanduan gadget pada anak yang bisa Anda coba.

Hindari Memperkenalkan Gadget Di Usia Dini

Pada zaman sekarang mungkin akan kita jumpai anak-anak kecil yang sudah mahir dalam menggunakan gadget. Hal ini nampaknya kurang kontrol dari orangtua sehingga beresiko terhadap kecanduan gadget. Maka dari itu, sebaiknya gadget diperkenalkan pada anak ketika sudah mengerti dan bisa membedakan mana yang baik atau tidak. Jangan memperkenalkan gadget pada anak di usia yang masih terlalu dini karena bisa berdampak terhadap kesehatan dan tumbuh kembangnya.

Berikan Pemahaman Pada Anak

Langkah selanjutnya yaitu berikan pemahaman pada anak mengenai cara yang baik dalam menggunakan gadget. Pada intinya berikan pengarahan supaya anak tidak menggunakan gadget dalam waktu lama nasihati si kecil secara perlahan dan jangan memaksanya untuk menghinari gadget karena justru anak semakina membuatnya penasaran,

Jadilah Contoh Yang Baik

Jangan hanya melarang saja, namun Anda juga harus menjadi contoh yang baik bagi anak. Ketika di rumah, sebaiknya Anda jangan terlalu lama atau terlalu asik bermain gadget. Contoh nyata nampaknya akan lebih mudah untuk ditiru oleh anak sehingga secara perlahan akan enjadi kebiasaan baik yang terus berlanjut hingga si anak tumbuh dewasa.

Perhatian dan memberikan penjelasan pada anak adalah kunci untuk menghindari kecanduan gadget. Semoga bermanfaat.(solusisehatku.com/choir)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.