oleh

3 Manfaat Daftarkan Anak ke Prasekolah, Jangan Ragu!

PortalMadura.Com – Hampir setiap orang tua ingin anak-anaknya bisa sukses di masa depannya. Bukan tanpa alasan, mereka tentu ingin anaknya hidup senyaman mungkin dengan prestasi dan kemampuan yang dimilikinya itu ke depannya.

Tidak heran, jika mereka memberikan yang terbaik untuk anaknya terutama dalam hal pendidikan. Salah satu cara yang biasa mereka lakukan yaitu dengan menyekolahkan anak sejak dini. Tidak hanya baik bagi kecerdasannya, ternyata juga bagus bagi tumbuh kembang anak apabila ia disekolahkan sejak masih dini.

Sebagaimana yang disampaikan oleh Peter Gray, Ph.D., anak yang mengikuti prasekolah kemungkinan akan memiliki pengalaman sekolah lebih awal. Dan ini akan menetapkan perilaku mereka selanjutnya.

“Mereka yang berada di ruang kelas, yang menekankan kinerja akademik, mungkin telah mengembangkan pola yang bertujuan untuk pencapaian dan maju,” jelas Gray, dilansir Haibunda.com, yang dikutip dari Psychology Today.

Menurutnya, anak yang sudah terbiasa dengan ruang kelas, belajar, dan bertemu banyak orang, lebih bisa mengembangkan pola tanggung jawab pribadi serta prilaku sosial.

Sementara itu, melengkapi pendapat Gray, dilansir Haibunda.com yang dikutip dari Mom Junction, berikut tiga dampak positif memasukkan anak ke prasekolah:

Keterampilan Sosial dan Emosional Meningkat Cepat

Saat di lingkungan prasekolah, pastinya anak akan dikelilingi anak-anak lain, guru yang mengajar, dan para staf di sekolah tersebut. Tentunya ini akan berbeda dengan lingkungan rumah, di mana mereka hanya bertemu dengan anggota keluarga saja.

Dalam artian, paparan dan interaksi dengan orang lain ini akan melibatkan banyak emosi, yang nantinya bisa meningkatkan keterampilan sosial dan emosional anak. Sejumlah keterampilan sosial ini bisa membantu anak di masa depan.

Anak akan terbiasa dengan lingkungan sekolah, suasana belajar mengajar dan berbagai hal lainnya. Bukan tidak mungkin mereka akan merekam semua itu dalam otaknya dan membiasakan diri belajar.

Beberapa keterampilan sosial dan emosional yang mungkin dipelajari anak selama prasekolah adalah:

Loading...

a. Membentuk hubungan dengan teman sebaya dan menghabiskan waktu dengan kelompok.
b. Memulai percakapan dan bekerja dalam tim selama bermain.
c. Mendengarkan arahan dan mematuhi peraturan yang dibuat guru.
d. Melakukan tugas yang diinstruksikan.
e. Mengatur emosi dan menampilkan perilaku yang sesuai.
f. Mengamati dan memahami emosi teman sebaya dan belajar merespons dengan benar.

Manfaat Kognitif dan Kesehatan

Selain bisa berpengaruh pada keterampilan anak, dengan mendaftarkan anak ke prasekolah juga bisa meningkatkan fungsi kognitifnya secara keseluruhan. Hal ini dapat dilihat dari interaksi sosial dan waktu yang dihabiskan dengan teman sebaya di sekolah.

Beberapa penelitian bahkan menunjukkan, pendidikan prasekolah dini dapat memberikan dampak positif pada aspek lain dari kesehatan anak.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat, anak-anak yang menghadiri prasekolah cenderung mendorong indeks massa tubuh (BMI) mereka ke kisaran yang sehat.

Selain itu, anak-anak yang kelebihan berat badan mulai mendapatkan berat badan yang sehat, sedangkan anak-anak yang kekurangan berat badan, beratnya akan bertambah.

Studi tersebut mencatat, salah satu kemungkinan penyebabnya adalah peningkatan kemampuan anak untuk mengatasi stres. Prasekolah mungkin membantu anak-anak mengatasi stres psikologis karena mengajarkan mereka untuk mengatur perilaku.

Memiliki Kemampuan Lebih dari Anak Lain

Seorang anak yang sudah terbiasa berkecimpung dalam aktivitas belajar setiap harinya, pasti akan berbeda dengan yang hanya ada di rumah bermain.

Sebuah penelitian mengungkap, anak-anak yang mengikuti Taman Kanak-kanak (TK) penuh waktu atau enam jam sehari, menunjukkan kemampuan bahasa dan matematika yang lebih baik. Tentunya kemampuan ini akan sangat membantu masa depan mereka di masa mendatang.

Baca Juga : Anak Sekolah di Usia Terlalu Dini, Ini 3 Dampak Negatifnya

Jadi, mulai sekarang Anda tidak perlu ragu untuk mendaftarkan anak ke prasekolah. Karena, dengan mereka belajar di sekolah, akan ada dampak positif yang akan ia dapatkan. Mulai dari keterampilan sosialnya, manfaat kognitif sampai dengan mempunyai kemampuan lebih daripada anak lain yang tidak sekolah.

Rewriter : Putri Kuzaifah
Sumber : haibunda.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

PortalMadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE