3 Manfaat Menakjubkan Jus Pare untuk Kesehatan, Anda Penasaran?

Avatar of PortalMadura.com
3 Manfaat Menakjubkan Jus Pare untuk Kesehatan, Anda Penasaran?
ilustrasi

PortalMadura.Com – Pare merupakan salah satu jenis sayur-sayuran yang memiliki rasa pahit. Namun di balik rasanya yang pahit, pare menyimpan banyak nutrisi dan manfaat untuk kesehatan tubuh. Benarkah?.

Menurut pakar diet dan nutrisi dari India, Raksha Changappa, salah satu cara untuk mengurangi rasa pahit pada pare adalah dengan menjadikannya jus dan dicampur dengan buah. Seperti apel, pir atau lemon merupakan campuran yang baik pare untuk menghilangkan rasa pahitnya.

“Pare mengandung zat besi, magnesium, vitamin C, serat dan potasium. Dengan menjadikannya jus, orang mungkin akan lebih mau untuk mengonsumsi pare,” ungkapnya.

Selain itu, Raksha menyebut, bahwa yang kaya nutrisi memiliki beragam manfaat bagi kesehatan. Apa saja?. Berikut ini ulasannya:

Mengontrol Gula Darah
Pare mengadung komponen mirip insulin yang bernama polypeptide-p. Penelitian yang dipublikasikan di Journal Ethnopharmacolgy menyebut, konsumsi 2.000 mg jus pare secara rutin bisa menurunkan gula darah bagi pengidap diabetes tipe 2.

Turunkan Kolesterol
Tinggi potasium, pare bermanfaat untuk menurunkan kolesterol. Hal ini karena sifat potasium yang membantu menyerap kelebihan sodium dalam tubuh. Menurunkan kadar kolesterol berarti menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Cocok untuk Diet
Karena rendah kalori, lemak dan karbohidrat, konsumsi jus pare sangat cocok bagi Anda yang sedang diet untuk menurunkan bobot. Penelitian tahun 2010 yang diterbitkan Journal BMC Complementary and Alternative Medicine menyebut, ekstrak pare membantu memecah sel lemah dan mencegahnya membentuk sel elmak baru. (detik.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.