3 Manfaat Tersembunyi Buah Aprikot Bagi Perawatan Kulit

Avatar of PortalMadura.com
3 Manfaat Tersembunyi Buah Aprikot Bagi Perawatan Kulit
Ilustrasi (Pedoman Bengkulu)

PortalMadura.Com – Mandi dengan air saja tidak cukup untuk membersihkan kotoran yang ada di tubuh. Tidak heran, banyak orang menggunakan sabun agar kulit menjadi bersih menyeluruh. Tahukah Anda, selain sabun yang biasa Anda beli di toko, ternyata Anda juga bisa menggunakan dari bahan alami.

Selain membantu membersihkan tubuh, sabun alami juga memiliki beragam manfaat lainnya seperti mencegah kulit kusam. Salah satu bahan alami yang banyak digunakan dalam produk pembersih kulit adalah aprikot.

Buah kecil berwarna oranye ini berasal dari Tiongkok, di dalamnya mengandung beragam vitamin dan mineral yang baik bagi kesehatan tubuh salah satunya kulit. Untuk mengetahuinya lebih lanjut, berikut berbagai :

Melawan Radikal Bebas
Manfaat yang pertama adalah bantu melawan radikal bebas. Paparan radikal bebas setiap hari dari asap kendaraan bermotor dan sinar UV tidak bisa dihindari oleh Anda yang beraktivitas di luar ruangan.

Ini membuat tubuh dan kulit sebagai lapisan pelindung tubuh terluar menjadi terancam kesehatannya. Nah, aprikot termasuk buah yang mengandung sejumlah antioksidan yang cukup kuat.

Antioksidan adalah senyawa yang mampu melawan radikal bebas. Sumber antioksidan di dalam aprikot yang terbanyak berasal dari vitamin A (beta-karoten) dan vitamin C. Selain itu, aprikot juga kaya akan antioksidan lainnya seperti antioksidan polifenol seperti flavonoid. Antioksidan di dalam aprikot membantu mengurangi penumpukan radikal bebas berbahaya di dalam tubuh.

Mengatasi Peradangan pada Kulit
Selain mengandung antioksidan, aprikot juga mengandung senyawa antiradang. Kandungan antiradang pada buah aprikot membantu mengatasi peradangan pada kulit, misalnya saja jerawat, baik jerawat wajah maupun punggung.

Selain itu, senyawa ini juga membantu merawat berbagai masalah kulit seperti psoriasis dan juga eksim. Oleh karena itu, dimakan langsung atau menggunakan berbagai produk perawatan kulit berbahan dasar aprikot bisa menjadi alternatif untuk Anda.

Melawan Tanda-tanda Penuaan Kulit
Kandungan vitamin A di dalam aprikot juga mampu membantu mengurangi tanda-tanda penuaan dini. Seperti flek cokelat dan hitam pada kulit tubuh, serta kerutan yang bersifat halus dan kasar akibat paparan sinar ultarviolet berlebih.

Selain itu, kandungan vitamin E dalam aprikot juga membantu menjaga elastisitas dan kekenyalan kulit dengan menambah produksi kolagen di dalam kulit. Banyaknya produk di pasaran yang diklaim dapat menjaga kesehatan kulit jangan lantas membuat Anda asal dalam memilih produk untuk kulit.

Baca Juga : Ladies, Ini 8 Tanda Penuaan Kulit yang Perlu Anda Ketahui

Produk dengan kandungan bahan dasar alami lebih cocok untuk digunakan sehari-hari agar kulit tetap sehat. Dilihat dari manfaatnya, aprikot menjadi salah satu bahan alami yang bisa dijadikan pilihan untuk Anda yang ingin memiliki kulit sehat dan juga cantik. Menggunakan sabun mandi dengan kandungan scrub alami dari biji aprikot bisa menjadi pilihan yang baik untuk kesehatan, khususnya kulit.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.