3 Penyebab Kampas Rem Mobil Matik Cepat Habis

Avatar of PortalMadura.com
3 Penyebab Kampas Rem Mobil Matik Cepat Habis
Ilustrasi (news.olx.co.id)

PortalMadura.Com – Hampir semua komponen yang ada pada kendaraan memiliki masa pakai. Dengan kata lain, seiring penggunaan maka akan semakin habis pula kegunaannya atau fungsi dari alat itu dalam waktu tertentu. Termasuk juga kampas mobil, daripada mobil yang bertransisi manual, ternyata kampas rem mobil matik lebih cepat habis.

Dilansir Okezone.com dari laman resmi Auto2000, kampas rem mobil matik lebih cepat habis karena rem menjadi satu-satunya yang diandalkan untuk memperlambat laju mobil.

Memperlambat laju mobil matik tidak bisa dibantu dengan engine brake. Jika pada mobil manual kampas rem biasanya minta diganti setiap 60.000 kilometer, untuk mobil matik bisa 30.000 sampai 40.000 kilometer. Nah, untuk lebih lengkapnya berikut ini beberapa penyebab kampas rem mobil matic cepat habis:

Menahan Rem

Pemilik mobil matik biasanya lebih suka menggunakan rem kaki dibanding rem tangan. Selain itu, pedal rem diinjak ketika posisi tuas transmisi masih berada di D untuk menahan laju mobil.

Kondisi inilah yang menyebabkan kampas rem cepat habis. Jika dilakukan terus menerus, tentu kinerja kampas rem akan semakin berat sehingga permukaan kampas rem juga akan cepat habis.

Selalu Diandalkan

Mobil matik memiliki ritme penggunaan rem yang sangat aktif. Mulai dari akan bergerak, memperlambat laju kendaraan sampai mobil berhenti pasti dan wajib menginjak pedal rem.

Hampir setiap pergerakan mobil matik pasti dilakukan dengan menekan pedal rem. Otomatis, kondisi ini akan membuat kampas rem bekerja ekstra sehingga cukup wajar bila lebih cepat mengalami keausan.

Posisi Netral

Selain beban yang tinggi, pengendara mobil matik juga jarang menyicil rem. Maksudnya, jika sudah terindikasi akan terhalang lampu merah, masih banyak yang melakukan pengereman mendekati posisi berhenti.

Sementara, pada pengendara mobil manual, kebanyakan sudah menetralkan posisi transmisi jika terlihat akan terhadang lampu merah, baru kemudian mulai melakukan pengereman.

Itulah beberapa penyebab kampas rem mobil matik cepat habis. Jangan khawatir karena ini wajar. Salah satu cara meminimalisasinya adalah dorong posisi tuas ke N lalu mulai lakukan pengereman secara bertahap hingga akhirnya mobil bisa berhenti.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.