3 Perlengkapan yang Wajib Ada di Mobil Saat Mudik Lebaran

Avatar of PortalMadura.com
Editor: Desy Wulandari
3 Perlengkapan yang Wajib Ada di Mobil Saat Mudik Lebaran
Ilustrasi (Lifepal)
    Bagikan:

PortalMadura.Com – Mudik lebaran biasa dilakukan setiap tahun menjelang Lebaran Idul Fitri. Meskipun dengan segala peraturan yang masih diterapkan pemeritah. Pada kesempatan ini, sebagian besar pemudik pulang kampung dengan kendaraan pribadi. Namun untuk menempuh perjalanan jauh ke kampung halaman, keadaan mobil harus prima agar perjalanan lancar.

Selain itu, ada beberapa kelengkapan yang wajib ada di mobil saat mudik. Apa saja? Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman liputan6.com, berikut ini penjelasannya:

Segitiga Pengaman

Komponen ini memang kerap dilupakan oleh pemilik mobil saat melakukan perjalanan. Padahal, dengan komponen tersebut dan kendaraan mengalami kerusakan di tepi jalan, penggunaan segitiga ini akan menjadi penanda yang harus ditempatkan beberapa jarak dari mobil.

Fungsinya, agar pengemudi lain bisa mengantisipasi dan melihat ada mobil yang tengah mengalami kondisi darurat di depannya.

Baca Juga:  3 Penyebab Kampas Rem Mobil Matik Cepat Habis

Dongkrak

Untuk peralatan yang satu ini memang selalu ada di dalam mobil. Namun, tidak ada salahnya untuk kembali mengecek apakah dongkrak di dalam mobil masih ada, atau justru lupa dimasukkan kembali setelah dipakai.

Selain mengecek keberadaan alat tersebut, ada baiknya juga dilakukan pengetesan terkait kinerjanya. Jangan sampai dongrak tersebut macet dan tidak bisa bekerja optimal saat dibutuhkan dalam kondisi darurat.

Kunci Roda

Kondisi darurat yang kerap dialami oleh pengemudi adalah pecah ban. Untuk mengantisipasinya, tentu alat-alat yang berkaitan dengan penggunaan tersebut juga harus dipersiapkan dengan begitu matang.

Untuk alat yang satu ini, sudah pasti harus ada saat perjalanan mudik. Selain dongkrak yang akan membantu untuk mengangkat mobil, peran dari kunci roda ini begitu vital karena untuk melepaskan baut-baut pada ban.

Baca Juga:  3 Penyebab Kampas Rem Mobil Matik Cepat Habis

Kesiapan dengan membawa alat-alat tersebut tentunya dapat memberikan rasa aman ketika mobil mengalami masalah di jalan sewaktu mudik. Ayo cek dulu, jangan sampai ketinggalan!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.