oleh

3 Poin Evaluasi PPDB 2019

PortalMadura.Com – Penerimaan Peserta Didik Baru ( PPDB) 2019 berjalan lancar. Namun, ada beberapa evaluasi yang disampaikan beberapa panitia terkait pelaksanaan PPDB kali ini. Selain itu, hal ini menjadi himbauan bagi orang tua yang akan mendaftarnya anaknya ke SMP atau SMA.

Lantas apa saja evaluasi yang perlu dilakukan panitia Peserta Didik Baru ( PPDB) 2019 agar ke depan hl ini tidak terulang lagi. Berikut poin-poin yang perlu diperhatikan bersama:

Pembaruan Data
Saran kepada orang tua yang mengantarkan anaknya agar melakukan pembaruan data ke kantor kelurahan sesuai domisilinya.

Jika pembaruan data itu sudah dilakukan, baru nantinya bisa mendaftarkan anaknya ke sekolah yang dipilih sesuai zonasi berdasarkan alamat terbaru di KK.

Sosialisasi Pendaftaran
PPDB tahun ini kurang sosialisasi dari pemerintah tentang sistem pelaksanaannya. Maksudnya agar masyarakat mengerti bahwa ada tiga hari pendaftaran dan mereka tidak harus datang pada hari pertama sehingga tidak membeludak.

Loading...

Sosialisasi itu perlu dilakukan agar penumpukan dan kepadatan pendaftaran pada hari pertama tidak terjadi.

Baca Juga: Ketahuan Bawa Sabu, Petani Asal Rubaru Sumenep Diamankan Polisi

Menumpuk di Hari Pertama
Sebab, kepadatan itu sama-sama tidak menguntungkan, baik bagi pihak sekolah maupun orang tua yang mendaftarkan anaknya.

Pentingnya sosialisasi, lanjutnya, karena kepadatan pada hari pertama pendaftaran selalu terjadi dari tahun ke tahun. Dia berharap pemerintah memperbaikinya bersama pengelola sekolah selaku penyelenggara pendidikan.

Selain itu, masyarakat juga harus memahami betul pelaksanaan sistem zonasi sehingga tidak perlu berbondong-bondong datang pada hari pertama pendaftaran.

 


Rewriter : Desy Wulandari
Sumber : kompas.com

Komentar