3 Sumber Utama Stres dalam Pernikahan

Avatar of PortalMadura.com
3 Sumber Utama Stres dalam Pernikahan
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Bagi sebagian orang, pernikahan menjadi sesuatu yang menakutkan dalam kehidupan ‘baru'. Padahal, jika dijalani dengan benar, pernikahan tidak hanya bisa memberikan kenyamanan dan ketenangan hati, tapi juga kebahagiaan yang sesungguhnya.

Mungkin, hal yang ditakuti oleh seseorang yaitu saat menghadapi masalah yang cukup serius dalam pernikahan. Sehingga mereka merasa dan tidak mampu menjalaninya lagi. Perlu Anda ketahui, sebagian besar pernikahan pasti akan ada masalah yang menimbulkan rasa stres dalam diri.

Ada jenis stres yang baik dan banyak juga yang buruk. Ada tiga penyebab utama tingginya stres dalam pernikahan, seperti didapatkan dari survei terhadap 1.000 orang yang dilakukan online oleh layanan terapi Basis tentang penyebab stres paling umum dalam pernikahan.

Apa saja?. Berikut daftarnya:

Ketidakpastian Masa Depan
Ini adalah penyebab stres nomor satu yang menjadikan hubungan pernikahan suami-istri tidak menyenangkan. Tentu saja, tidak ada yang bisa memastikan seperti apa masa depan, namun akan lebih baik jika memiliki rencana untuk bisa menghadapi masa depan. Entah itu dalam hal finansial maupun yang lainnya.

Argumen dan Perbedaan
Penyebab kedua timbulnya stres tinggi dalam pernikahan adalah argumen atau adanya perbedaan pendapat dan pikiran antara suami dan istri. Hal ini tentu wajar terjadi, namun baik itu perdebatan kecil maupun besar, semuanya menimbulkan stres. Lebih baik jika bisa dibicarakan dengan baik untuk menyelesaikannya.

Kurangnya Usaha dari Salah Satu Pihak
Seringkali tidak seimbangnya usaha saling mempertahankan hubungan adalah penyebab timbulnya stres. Jika hanya satu pihak saja yang berusaha memperbaiki keadaan, berusaha lebih baik dan mengalah sedangkan pihak satunya tidak memberikan usaha yang sama, hubungan ini tidak akan berhasil. Ingat, diri Anda tidak bisa berjuang sendirian, sedangkan pasangan Anda acuh tidak acuh.

Baca Juga : Lakukanlah, Cara Ini Agar Kehidupan Cinta Pernikahan Anda Romantis!

Apa pun sumber stres yang dialami, akan lebih baik jika bisa saling dibicarakan atau dikomunikasikan dengan pasangan. Semoga bahagia.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.