oleh

3 Syarat Hewan Kurban yang Perlu Umat Islam Ketahui

PortalMadura.Com – Tinggal menghitung hari, umat Muslim di seluruh dunia akan merayakan hari raya Idul Adha 1440 H. Di momen ini biasanya akan banyak umat Islam yang melaksanakan kurban. Sehingga mereka jauh-jauh hari sudah harus mempersiapkan hewan kurbannya.

Bagi Anda yang hendak berkurban sebaiknya perlu tahu beberapa hal tentang hewan yang bisa dikatagorikan hewan kurban atau sudah sah dan siap dijadikan hewan kurban. Ada beberapa syarat dalam syariat Islam yang harus dipenuhi hewan kurban. Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman okezone.com yang dikutip dari website resmi Pondok Pesantren Lirboyo.

Apa saja syarat hewan yang sah dijadikan hewan kurban? Berikut ini penjelasannya:

Pertama

Hewan kurban harus berupa binatang ternak. Hal ini berdasarkan firman Allah swt, yang artinya: “Dan bagi tiap-tiap umat telah Kami syariatkan penyembelihan (kurban), supaya mereka menyebut nama Allah terhadap binatang ternak yang telah direzekikan Allah kepada mereka.” (QS. Al-Hajj: 34)

Adapun yang dimaksud binatang ternak di sini yaitu unta, sapi (termasuk pula kerbau) dan kambing, baik kambing jenis domba atau kambing biasa, baik hewan jantan maupun betina.

Loading...

Baca Juga: Pencuri Motor Asal Ganding Diringkus Polisi Sumenep

Kedua

Usia telah menenuhi batas minimal yang ditentukan syariat. Dengan perincian sebagai berikut: Berusia 5 tahun dan telah masuk tahun ke 6 untuk unta, berusia 2 tahun dan telah masuk tahun ke 3 untuk sapi, berusia 1 tahun atau minimal berumur 6 bulan untuk kambing jenis domba, berusia 1 tahun dan telah masuk tahun ke 2 untuk kambing jenis biasa.

Ketiga

Tidak mengalami cacat yang dapat mengurangi kuantitas daging atau anggota tubuh lain yang biasa dikonsumsi, semisal buta sebelah matanya, penyakitan, pincang, dan terlalu kurus.

Dengan demikian, cacat yang tidak sampai mengurangi daging atau anggota tubuh lain yang biasa dikonsumsi, seperti terpotong tanduknya, maka tetap mencukupi dijadikan hewan kurban.

Hewan kurban dianjurkan memiliki kualitas yang baik, kondisi fisik sempurna, dan postur tubuh yang bagus.


Rewriter: Desy Wulandari
Sumber: okezone.com

Komentar