oleh

3 Tips Hindari Kantuk Siang Hari Saat Puasa

PortalMadura.com – Rasa ngantuk bisa muncul kapan saja, termasuk saat belajar, bekerja, atau bahkan saat mengendarai kendaraan. Kondisi ini sering kali disertai dengan gejala sulit berkonsentrasi dan tidak dapat mengendalikan emosi. Bahkan, rasa kantuk terkadang muncul di pagi hari meski Anda baru bangun tidur, Mengantuk bisa disebabkan oleh banyak hal, misalnya kurang tidur atau sering begadang.

Saat berpuasa kita tidak hanya diperintahkan untuk menahan diri untuk makan dan minum, tetapi juga dari bermalas-malasan, jadi, sekalipun kita berpuasa, bukan berarti memperbolehkan kita untuk hanya berdiam diri saja, kita harus tetap menjalankan aktivitas sebagaimana mestinya. Namun, umumnya saat tubuih sedang berpuasa, kita kan jadi lebih cepat mudah mengantuk, hal ini di sebabkan karena Kadar gula darah akan menurun saat berpuasa sehingga membuat tubuh lemas dan otak sulit berkonsentrasi. Tak heran, hal tersebut berujung pada rasa kantuk yang dapat mempengaruhi produktivitas, terutama pada jam-jam tertentu yang rentan terhadap serangan tidur.

Dilansir dari Fimela.com, Minggu (9/5/2021) mengantuk di siang hari saat berpuasa bisa diatasi dengan beberapa tips berikut :

Dapatkan Tidur Berkualitas di Malam Hari

Saat berpuasa, Anda akan mengalami perubahan pola tidur, sebab Anda harus bangun sebelum subuh untuk melakukan sunah sahur, oleh karena itulah Anda perlu menghindari tidur terlalu larut jika memang tidak ada hal yang begitu penting, agar kebutuhan istirahat dan tidur malam Anda tetap terpenuhi.

Tidur Siang

Saat berada di kantor, Anda bisa memanfaatkan waktu istirahat siang Anda untuk tidur, ka memungkinkan, dapat menyetel alarm selama sekitar 5-20 menit untuk tidur di siang hari. Dirimu akan bangun dengan pikiran yang segar dan lebih produktif dalam menyelesaikan tugas setelahnya.

Mengonsumsi Makanan yang Bergizi Saat Berbuka dan Sahur

Ini merupakan tips yang memang sangat di anjurkan saat berpuasa. Makanan yang sehat dan bergizi akan sangat membantu dalam menjaga stamina tubuh di siang hari saat berpuasa. Perbanyak minum air, mengonsumsi buah dan sayuran, Namun tetap harus dalam batas wajar dan jangan berlebihan.

Saat berpuasa mungkin akan banyak yang berubah, namun kita tidak boleh lemah dan bermalas-malasan, beberapa tips di atas akan membantu Anda untuk menghindari rasa ngantuk di siang hari. Semoga bermanfaat.

Rewriter : Fianolita Purnaningtias
Sumber : Fimela.com

Komentar