oleh

Kenali 5 Khasiat Minyak Wijen bagi Perawatan Rambut

PortalMadura.Com – Minyak wijen berasal dari biji wijen yang memiliki banyak nutrisi dan juga memiliki sifat anti bakteri, antivirus, hingga antiinflamasi. Sehingga sesame oil atau minyak wijen banyak digunakan beberapa produk kecantikan, utamanya kulit dan rambut.

Bagi rambut minyak wijen mempunyai beberapa manfaat yang perlu Anda ketahui. Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman popmama.com, berikut penjelasannya:

Mencegah Rambut Beruban Lebih Awal

Minyak wijen memiliki sifat penggelap rambut yang mana dapat membantu untuk mempertahankan warna alami dari rambut Anda. Memang benar bahwa seiring bertambahnya usia, warna rambut akan berubah dan menjadi uban.

Namun, tidak sedikit perempuan yang memiliki uban di usia yang terbilang cukup muda akibat dari perasaan stres atau penumpukan bahan kimia berbahaya di rambut.

Minyak wijen memiliki sifat antioksidan yang mana dapat membantu untuk melawan radikal bebas dan bahan kimia.

Mampu Meningkatkan Pertumbuhan Rambut

Jika Anda mengalami masalah kerontokan rambut, minyak wijen dapat menjadi solusinya. Mengoleskan minyak wijen pada kulit kepala akan membantu pertumbuhan yang ada pada rambut dan mencegah kebotakan.

Memijat kulit kepala dengan menggunakan minyak wijen dapat meningkatkan sirkulasi darah yang kemudian akan membantu untuk meningkatkan pertubuhan pada rambut. Minyak wijen bisa menjadi salah satu bahan alami yang efektif untuk menumbuhkan rambut.

Melindungi Rambut dari Paparan Sinar UV Berbahaya

Paparan sinar matahari secara langsung dapat menyebabkan kerusakan baik pada kulit wajah, tubuh atau rambut. Jika terlalu sering terkena paparan sinar UV yang berbahaya akan menimbulkan kerusakan pada folikel rambut dan juga kulit kepala.

Minyak wijen berfungsi sebagai pelindung di sekitar bayang rambut sehingga akan mencegah sinar matahari yang berbahaya menyerap ke bagian dalam kulit kepala. Selan itu, lapisan pelindung yang ada dapat melindungi rambut dari polusi yang menyebabkan rambut menjadi rusak.

Mencegah Kerontokan Rambut dan Masalah Ketombe

Karena memiliki sifat yang menenangkan, memijat rambut dengan menggunakan minyak wijen dapat membantu untuk meredakan kecemasan yang dapat membuat rambut menjadi rontok. Selain itu, minyak wijen juga bisa menjadi obat yang bagus untuk mengatasi migrain dan insomnia yang biasanya terjadi karena perasaan stres.

Minyak wijen juga memiliki sifat anti jamur dan juga anti bakteri yang dapat membantu untuk menjaga kulit kepala tetap bersih dan juga sehat. Dengan menggunakan minyak wijen sebagai minyak pijat rambut akan mencegah perasaan gatal akibat ketombe di kulit kepala.

Menenangkan Rambut yang Rusak dan Kering

Jika Anda memiliki masalah rambut yang kering dan bercabang, maka minyak wijen akan bekerja sebagai pendingin untuk rambut.

Kandungan nutrisi yang ada pada minyak wijen dapat menyembuhkan kerusakan rambut dari dalam.

Karena minyak wijen bersifat lembap, maka ia juga akan membantu untuk mengunci kadar air yang ada di batang rambut dan mencegah kerusakan yang lebih parah lagi.

Nah, itulah lima manfaat yang bisa didapatkan dari minyak wijen untuk kesehatan rambut. Mungkin masih belum banyak Mama yang mengetahui hal ini karena minyak wijen pada umumnya dikenal sebagai salah satu bahan untuk memasak.

Jadi, setelah mengetahui manfaatnya, apakah Anda ingin mencoba untuk menggunakan minyak wijen sebagai salah satu perawatan rambut?

Rewriter : Desy Wulandari
Sumber : Popmama.Com

Komentar