oleh

3 Tips Tidur Sehat Berkualitas Saat Berpuasa

PortalMadura.Com – Puasa ramadan merupakan tindakan sukarela dengan berpantang dari makanan, minuman, atau keduanya, perbuatan buruk dan dari segala hal yang membatalkan puasa selama sebulan penuh di bulan ramadan. Saat berpuasa hendaklah melakukan aktivitas tidak terlalu berlebihan, karena aktivitas yang berlebihan akan membuat tubuh kehilangan energi.

Tahukah Anda bahwa setiap perubahan jam atau kebiasaan makan memiliki kolerasi langsung dengan perubahan pola tidur. Saat bulan ramadan umat Islam makan sebelum matahari terbit dan setelah matahari terbenam. Oleh itu pola tidur otomatis juga akan berubah. Dilansir dari Fimela.Com, Rabu (14/4/2021) inilah tips agar mendapatkan tidur yang sehat berkualitas saat sedang berpuasa:

Tetap Terhidrasi

Saat berbuka dan sahur hendaklah mengonsumsi makanan yang kaya mengandung air. seperti sayuran dan buah-buahan seperti ketimun dan semangka, atau bisa juga dengan air kelapa, susu mentega dan air jeruk nipis selain air putih. Hal ini karena 60-80% tubuh kita sebenarnya terdiri dari air.

Dengan banyak mengonsumsi makanan dengan kandungan air yang cukup akan membuat sel-sel tubuh Anda berfungsi dengan baik. Manfaat lain jumlah air yang cukup dalam tubuh adalah el-sel otak kita akan tetap seimbang dan memastikan kita mendapatkan tidur malam yang nyenyak, sehat dan berkualitas.

Detoksifikasi Pikiran & Tubuh

Ini penting sekali dilakukan saat berpuasa. Tubuh dan pikiran yang tenang akan membuat puasa lebih indah dan tidur dengan nyenyakpun lebih mudah. Saat berpuasa hendaklah sering-sering menghabiskan waktu dengan alam, misal jalan-jalan melihat pemandangan hijau dan suasana taman yanfg indah. Semakin tubuh merasakan detoksifikasi, semakin jernih pemikiran dan semakin dalam dirimu seharusnya bisa tidur.

Istirahat yang Cukup

Jika Anda bekerja dari rumah atau di kantor, cobalah untuk memberi kesempatan kepada tubuh Anda untuk istirahat sejenak agar tubuh Anda tidak terforsir. Sempatkan untuk tidur walau hanya kisaran menit. Tahukah Anda tidur siang ternyata terbukti dapat mengisi ulang energi kita, mengurangi kemungkinan serangan jantung, menenangkan sistem saraf dan meningkatkan produktivitas. Dengan tidur siang juga akan memberikan pengaruh penting dalam tidur malam yang sehat dan bertkualitas.

Menjaga pola tidur saat puasa memang diperlukan guna mendapatkan cukup energi untuk esok hari saat menjalankan aktivitas. Ketika dirimu mendapatkan tidur yang cukup, maka dirimu tidak akan merasa mengantuk sepanjang hari. Semoga bermanfaat.

Komentar