oleh

4 Fakta Menarik Masjid Agung Jawa Tengah Sebagai Wisata Religi

PortalMadura.Com – Sering kali di sebut MAJT alias Masjid Agung Jawa Tengah ini ternyata memiliki banyak sekali fakta menarik yang menjadi kebanggaan kota Semarang. Masjid ini berlokasi di ekat dengan pusat kota menjadikan MAJT tidak hanya sekedar tempat ibadah tapi juga menjadi tujuan wisata religi yang tidak pernah kehilangan pengunjung.

Selain sebagai tempat beribadah tempat ini kerap di jadikan sebagai lokasi berlangsungnya akad nikah untuk mengikat sepasang kekasih dalam ikatan cinta yang halal dan suci. Namun jarang orang tahu bahwa dibalik kemegahan dan ketenarannya, ada beberapa fakta MAJT yang sangat menarik dan sayang sekali dilewatkan. Dilansir dari idntimes.Com, Rabu (14/4/2021) inilah 5 fakta menarik Masjid Agung Jawa Tengah sebagai wisata religi yang tidak pernah sepi pengunjung:

Masjid Dibangun di Atas Tanah Seluas 10 Hektare

Masjid ini dibangun di tanah wakaf Masjid Besar Kauman Semarang. Dibangun pada tahun 2001 dan baru selesai tahun 2006, kurang lebih memakan waktu 5 tahun dalam proses pembangunannya. Luas MAJT ini mencapai 10 hektare dengan luas bangunan induk untuk salat 7.669 meter persegi. Anda bisa bayangkan megah dan luasnya ‘kan.

Gaya Arsitektur Masjid Merupakan Perpaduan Timur Tengah, Jawa, dan Yunani

Bentuk masjid ini sangat luar biasa indahnya, saat proses pembangunannya masjid ini diarsitekturi oleh Ir. H. Ahmad Fanani dari PT. Atelier Enam Jakarta. Pada tiap tiap menara terdapat kubah-kubah ala Timur Tengah yang merupakan ciri khas bangunan Islam dan pada etnis jawa pada masjid ini terdapat pada bangunan utama masjid yaitu atap limas khas bangunan Jawa. Sedangkan gaya Yunani terlihat dari bangunan 25 pilar dipelataran masjid serupa koloseum lengkap dengan kaligrafi indah.

Terdapat Menara Setinggi 99 Meter

Menara dengan tinggi 99 meter ini bernama menara Al-Husnan yang lantai dasarnya digunakan sebagai kantor radio DAIS (Dakwah Islam) dan stasiun televisi MAJT TV dan laintai 2 dipergunakan untuk museum. Lantai 18 untuk rumah makan berputar, dan lantai 19 untuk gardu pandang kota Semarang sekaligus tempat rukyat hilal.

Memiliki Koleksi Al Quran dan Bedug Raksasa

Tidak cukup dengan pilar dan menara saja, keunikan yang tidak kalah memikatnya dari MAJT juga memiliki koleksi Al Quran raksasa berukuran 145 x 95 cm². Kitab suci berukuran besar ini di tulis oleh Drs Khyatudin dari Ponpes Al-Asyariyyah, Kalibeber, Mojotengah, Wonosobo dan di simpan di ruang shalat. Selain itu, MAJT juga punya bedug raksasa berukuran panjang 310 cm dan diameter 220 cm. Bedug ini merupakan replika bedug Pendowo Purworejo, dan dibuat oleh santri Ponpes Banyumas dengan kulit lembu Australia.

Nah, itu tadi beberapa fakta menarik MAJT yang menjadi destinasi wisata religi di Semarang. Menarik bukan?

Rewriter : Fianolita Purnaningtias
Sumber : idntimes.Com

Komentar