oleh

4 Adab dan Doa Memasak dalam Islam

PortalMadura.Com – Memasak merupakan aktivitas yang tidak semua orang bisa melakukannya. Namun dalam Islam, sangat dianjurkan bagi umatnya untuk bisa memasak sehingga menghasilkan masakan yang bukan hanya enak dikonsumsi tapi juga membawa keberkahan.

Bagi yang sudah terbiasa memasak, pasti ada saatnya masakannya juga tidak sesuai dengan yang diinginkan. Oleh karena itu, bacalah doa sebelum memasak. Selain itu, ada Anda juga perlu memperhatikan adab-adab memasak sebagaimana yang dilansir PortalMadura.Com, Senin (14/10/2019) dari laman okezone.com yang dikutip dari Ustadz Abdurrahman Djaelani.

Berikut beberapa adab dalam memasak, sehingga menghasilkan masakan yang tidak hanya lezat namun juga berkah:

Membaca Bismillah Saat Akan Memegang Alat Masak

Ustadz Abdurrahman Djaelani yang akrab dipanggil Ustadz Udjae mengatakan ada hal yang dianjurkan pada saat akan memasak. “Baca doa lah saat ingin memegang alat masak dan jangan lupa selalu membaca bismillah. Dalam islam pun ada adabnya untuk mengaduk makanan dari kiri ke kanan,” ujarnya.

Mengaduk Makanan dari Kiri ke Kanan dengan Membaca Doa

Sesuai apa yang dikatakan oleh Ustad Udjae, dalam memasak ada adab mengaduk makanan dari kiri ke kanan dengan membaca doa berikut ini:

Laisa Laha Min Dunilllahi Kasyifah.

“Tidak ada yang dapat menyatakan hari itu selain Allah.”

Loading...

Dengan menggunakan adab memasak tersebut Insya Allah masakan akan terasa lebih enak dan berkah. Karena banyak makanan yang dimasak oleh seseorang tidak menghasilkan rasa yang nikmat karena lupa akan adab dan doa memasak yang diajurkan oleh Islam.

Memasak juga tidak memandang harus perempuan yang pintar memasak. Bahkan dalam Islam kaum Adam juga dianjurkan untuk memasak dan memanghasilkan keberkahan untuk orang-orang di sekitarnya.

Man ‘amila ṣāliḥam min żakarin au unṡā wa huwa mu`minun fa lanuḥyiyannahụ ḥayātan ṭayyibah

Artinya: “Barangsiapa yang mengerjakan amal saleh, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka sesungguhnya akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik.” (QS. al-Nahl: 97)

Baca Juga: Gratis Kuponnya, Rebut Hadiah Senam Sehat Sambut Sampang Hebat Bermartabat

Membaca Salawat dan Istighfar

Selain membaca basmalah dan mengaduk makanan dari kanan ke kiri, Ustad Udjae juga menyatakan ada adab memasak lainnya. “Membaca salawat juga dianjurkan dalam hal memasak kemudian istighfar sebanyak 3 kali. Hal ini dilakukan agar makanan lebih lezat dan berkah,” ulasnya.

Jaga Kebersihan

Adab terakhir dalam masak, yaitu jaga kebersihan. “Maka dari itu umat muslim dianjurkan berwudu setelah memasak agar membuat tubuhnya menjadi bersih,” tambahnya.


Rewriter: Desy Wulandari
Sumber: okezone.com

Berita PortalMadura Aplikasi Android PortalMadura
Loading...

Komentar