4 Adab Pakaian Muslimah yang Harus Anda Tahu dan Terapkan

  • Bagikan
4-Adab-Pakaian-Muslimah-yang-Harus-Anda-Tahu-dan-Terapkan
Ilustrasi (kalam.sindonews.com)

PortalMadura.Com – Islam adalah agama yang penuh dengan keindahan dan kedamaian. Islam pun sangat memperhatikan perempuan sebagai kaum makhluk yang indah, bahkan pakaian wanita dalam Islampun juga ada adabnya.

Dalam Al-quran terdapat banyak ayat yang membahas tentang adab pakaian perempuan, seperti pada surat al-A’raf ayat 26 yang memiliki arti, “Hai anak Adam, sesungguhnya Kami telah menurunkan kepadamu pakaian untuk menutup auratmu dan pakaian indah untuk perhiasan. Dan pakaian takwa itulah yang paling baik. Yang demikian itu adalah sebahagian dari tanda-tanda kekuasaan Allah, mudah-mudahan mereka selalu ingat.”

Meski Islam tidak menentukan bentuk atau desain dari sebuah pakaian bagi umatnya, namun dari ayat di atas Allah memerintahkan umatnya agar mengikuti adab pakaian dalam Islam. Dilansir dari Liputan6.com, Selasa (09/11/2021) berikut adab pakaian wanita muslimah yang harus Anda tahu dan terapkan :

Menutup Aurat

Menutup aurat merupakan salah satu prinsip pertama dan sangat dasar dan sudah ada sejak zaman nabi Adam dan Hawa.

Hal tersebut terdapat dalam surah al-A’raf ayat 22 yang memiliki arti, “Maka syaitan membujuk keduanya (untuk memakan buah itu) dengan tipu daya. Tatkala keduanya telah merasai buah kayu itu, nampaklah bagi keduanya aurat-auratnya, dan mulailah keduanya menutupinya dengan daun-daun surga.”

Tidak Menyerupai Pakaian Orang Kafir

Pakaian yang dimaksud adalah pakaian yang memang sudah menjadi ciri khas dari orang kafir. hal itu di jelaskan dalam hadist Rasulullah :

“Orang yang menyerupai suatu kaum, seolah ia bagian dari kaum tersebut” (HR. Abu Daud, 4031, di hasankan oleh Ibnu Hajar di Fathul Bari, 10/282, di shahihkan oleh Ahmad Syakir di ‘Umdatut Tafsir, 1/152).

Tidak Menyerupai Lawan Jenis

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam melaknat laki-laki yang menyerupai wanita dan para wanita yang menyerupai laki-laki” (HR. Bukhari no. 5885).

hadist di atas secara terang-terangan menjelaskan bahwa antar laki-laki dan perempuan harus ada perbedaan dan tidak boleh terlihat sama.

Tidak Transparan atau Membentuk Lekukan Tubuh

Hal ini penting sekali untuk diperhatikan, pakaian sejatinya dalah untuk menutup aurat serta menjadi pelindung tubuh bagi umat Islam, namun jika pakaian yang dikenakan tidak memenuhu syarat, maka tidak termnasuk pakaian muslimah yang sempurna.

Mengenai hal ini, sudah dijelaskan dalam sebuah Hadist yang diriwayatkan oleh Imam Muslim dalam kitabnya Shohih Muslim no: 2128 dengan isi sebagai berikut:

Diriwayatkan oleh Abu Hurairah, ”Dua (jenis manusia) dari ahli neraka yang aku belum melihatnya sekarang yaitu kaum yang membawa cemeti-cemeti seperti ekor sapi, mereka memukul manusia dengannya, dan wanita-wanita yang berpakaian tapi telanjang, berjalan berlenggak lenggok, kepala mereka seperti punuk unta yang condong. Mereka tidak akan masuk surga bahkan tidak akan mendapat wanginya, dan sungguh wangi surga itu telah tercium dari jarak perjalanan sekian dan sekian.”

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.