4 Aktivitas Ngabuburit Inspiratif dan Penuh Manfaat

Avatar of hartono
4 Aktivitas Ngabuburit Inspiratif dan Penuh Manfaat
Banner sedekah pohon (Sumber : LindungiHutan)

PortalMadura.Com – Ngabuburit, atau menunggu waktu berbuka puasa, bisa menjadi momen untuk berbagi kebaikan, seperti melalui program Sedekah . Ini merupakan cara untuk berkontribusi positif bagi lingkungan sekaligus sesama.

Di bulan Ramadan, sore hari seringkali diisi dengan berbagai aktivitas oleh umat muslim yang menantikan momen berbuka. Mulai dari mencari takjil, bersantai, hingga menghabiskan waktu di media sosial.

Namun, ada cara lebih bermakna untuk mengisi waktu ngabuburit dengan kegiatan yang tidak hanya menyenangkan tapi juga mengandung nilai kebaikan. Berikut ini empat kegiatan ngabuburit yang bisa menjadi pilihan:

1. Belajar Ilmu Agama

Manfaatkan waktu menunggu berbuka untuk meningkatkan pemahaman agama. Kita bisa membaca buku keagamaan atau mengikuti kajian dari tokoh agama melalui berbagai platform online. Saat ini, banyak kajian yang bisa diakses dengan mudah, memberikan kesempatan untuk belajar dan mendekatkan diri kepada nilai-nilai spiritual.

2. Berdzikir dan Berdoa

Manfaatkan waktu menunggu berbuka puasa untuk berzikir untuk mengingat Allah. Allah berfirman dalam QS Al-Ahzab ayat 41 yang artinya “Hai orang-orang yang beriman, berdzikirlah (dengan menyebut nama Allah), zikir yang sebanyak-banyaknya”.

Selain itu, gunakan waktu 10 menit sebelum berbuka dengan berdoa meminta ampunan dan keberkahan dari Allah SWT.

Sebagaimana sabda Rasulullah SAW dalam hadist yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah RA, bahwasanya “Tiga orang yang doanya tidak tertolak: pemimpin yang adil, orang yang berpuasa sampai ia berbuka, dan doa orang yang terzalimi, Allah akan mengangkatnya di bawah naungan awan pada hari kiamat, pintu-pintu langit akan dibukakan untuknya seraya berfirman: Demi keagungan-Ku, sungguh Aku akan menolongmu meski setelah beberapa saat.” (HR At-Tirmidzi, Ibnu Majah, dan Ahmad).

3. Tadarus atau Membaca Al-Qur'an

Selain kegiatan diatas kamu juga bisa mengisi kegiatan ngabuburit dengan membaca Al-Qur'an (tadarus). Dengan membaca Al-Qur'an akan mendatangkan keberkahan dan pahala bagi yang membaca atau menyimaknya.

Sesuai dengan hadist riwayat Tirmidzi, Nabi Muhammad bersabda yang artinya “Barangsiapa yang membaca satu huruf dari Kitabullah (Al-Qur'an), maka dia akan mendapat satu kebaikan. Sedangkan satu kebaikan dilipatkan kepada sepuluh semisalnya. Aku tidak mengatakan alif lam mim satu huruf. Akan tetapi alif satu huruf, lam satu huruf, dan mim satu huruf”.

4. Bersedekah

Bersedekah menjadi salah satu kegiatan bermanfaat dan penuh berkah di bulan Ramadan. Kita dapat memberi sebagian rezeki kita kepada yang membutuhkan baik dalam bentuk makanan, pakaian, hingga . Bersedekah tidak hanya terbatas pada ke sesama manusia, kita dapat memberikan sebagian rezeki kita dengan membantu atau berkontribusi pada lingkungan melalui program Sedekah Pohon.

Sedekah Pohon adalah program dari LindungiHutan yang mengajak seluruh masyarakat ikut berperan dalam pelestarian lingkungan selama Ramadan. Masyarakat dapat berdonasi pohon untuk menyelamatkan kawasan yang membutuhkan aksi penghijauan.

Sedekah pohon tahun ini akan dilaksanakan di 5 kota besar seperti Jakarta, Semarang, Surabaya, , dan Makassar.

About LindungiHutan
LindungiHutan adalah start-up lingkungan yang berfokus pada aksi konservasi hutan dan pemberdayaan masyarakat sekitar hutan. Sebanyak 808 ribu pohon telah ditanam bersama 517 brand dan perusahaan. Kami menggandeng masyarakat lokal di 50 lokasi penanaman yang tersebar di Indonesia. Kami menghadirkan beberapa program seperti The Green CSR, Collaboratree dengan skema Product Bundling, Service Bundling dan Project Partner, serta program Carbon Offset.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.