4 Bahaya Sering Ngupil Bagi Kesehatan

4 Bahaya Sering Ngupil Bagi Kesehatan
4 Bahaya Sering Ngupil Bagi Kesehatan

PortalMadura.Com – Mengupil tidak hanya kegiatan membersihkan kotoran pada hidung, tetapi sebagian orang menjadikannya sebagai hobi. Sebab, menurut mereka kegiatan tersebut menyenangkan.

Namun, sebagian dari mereka juga ada yang menganggapnya jorok dan berbahaya. Perlu Anda ketahui bahwa kegiatan mengupil memang tidak berbahaya tetapi, hal tersebut menjadi berbahaya apabila sering dilakukan.

4 Bahaya Sering Ngupil Bagi Kesehatan

Penasaran apa saja bahayanya? Berikut Penjelasannya.

Infeksi Pada Lubang Hidung

Infeksi adalah hal yang paling mungkin terjadi akibat mengupil. Karena saat mengupil, pasti kita menggunakan jari tangan. Jika jari tangan tidak bersih dan penuh bakteri, maka bakteri pada jari tangan akan berpindah ke dalam hidung dan menyebabkan infeksi.

Menimbulkan Bisul di Bagian dalam Hidung

Bakteri yang paling banyak ditemukan saat seseorang ngupil adalah Staphylococcus Aureus. Jenis bakteri ini dapat mengakibatkan timbulnya jerawat atau bisul di dalam lubang hidung.

Mimisan

Kondisi ini sering terjadi pada anak-anak. Tanpa disadari, saat mengupil, kuku jari tangan melukai bagian dalam hidung sehingga menyebabkan luka dan pendarahan.
Hal ini juga berisiko terjadinya infeksi.

Meningitis

Meningitis adalah radang selaput pelindung sistem syaraf pusat. Bila terlalu dalam mengorek saat mengupil, akan menyentuh sinus bagian dalam yang berdekatan dengan otak.

Ada tulang yang disebut sebagai tulang ethmoid yang memisahkan hidung dan otak. Jika saat mengupil tidak hati-hati, maka akan menusuk tulang ini. Akibatnya cairan di otak bocor dan menyebabkan meningitis.

Maka dari itu, dari sekarang jangan terlalu sering mengupil ya. Bila ingin mengupil, pastikan jari tangan bersih dari kotoran dan kuku tidak panjang.

Itulah beberapa bahaya sering ngupil. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.