4 Biji-bijian yang Bisa Menyehatkan Tubuh

Avatar of PortalMadura.com
4 Biji-bijian yang Bisa Menyehatkan Tubuh
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Beberapa biji-bijian memiliki kandungan nutrisi yang luar biasa, meskipun ukurannya kecil. Bahkan biji-bijian banyak dicari sebagai salah satu alternatif sarapan.

Biji-bijian bisa digabungkan dengan minuman apapun dan makanan apapun, sehingga memudahkanmu untuk menyehatkan badan. Selain itu, biji-bijian juga bisa membantumu menurunkan berat badan sekaligus memberikanmu energi seharian.

Seperti yang dilansir detik.com dikutip dari Times of India, tidak semua biji-bijian itu sehat. Ada beberapa biji-bijian yang justru bisa membahayakan tubuh dan sebaiknya dihindari misalnya biji tomat yang bisa menyebabkan penyakit ginjal.

Biji Chia
Menjadi salah satu primadona superfood, biji chia terkenal akan kandungan serat dan lemak omega-3 yang sangat baik bagi pencernaan dan juga mereka yang sedang program penurunan badan.

Biji chia juga bisa menurunkan kadar gula darah sekaligus rasa lapar. Anda bisa mencampurkan biji chia dalam minuman, salad, atau oatmeal sebagai sarapan di pagi hari. Atau bisa saja rendam semalaman dalam susu atau air agar melancarkan pencernaan.

Wijen
Biji wijen cukup populer di negara-negara Asia, salah satunya Indonesia. Wijen memiliki kandungan lignan yang bisa menurunkan hormon stres dan juga disebut bisa memperbaiki kualitas hormon seks dalam tubuh.

Wijen tak susah didapatkan, dan juga bermanfaat mengurangi inflamasi. Biji wijen lebih enak untuk dinikmati dalam bentuk makanan, dan beberapa studi menyebut bahwa wijen juga menjadi sumber lemak yang baik dan membantu mengurangi kolesterol jahat.

Biji Bunga Matahari atau Kuaci
Biji bunga matahari atau kuaci memiliki kandungan protein yang bisa membantu menurunkan risiko penyakit jantung. Namun ingat, mengonsumsi kuaci yang sehat bukan yang sudah diberi bumbu.

Baca Juga: Mohamad Arief, Lestarikan Keris dan Senjata Lainnya Lewat Profesi Meranggi

Kuaci mengandung asam lemak omega-3 dan lemak tak jenuh yang sangat tinggi dan mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Meski begitu, kendalikan konsumsi kuaci karena bisa mengurangi baik kolesterol baik dan jahat.

Biji Labu
Sama seperti biji chia, biji labu juga kini digemari sebagai salah superfood dan sudah mulai mudah didapatkan. Seringkali dibuang, biji labu sesunggugnya mengandung lemak omega-6 dan fosfor yang baik bagi tulang, saraf, dan jantung. Mereka juga menjadi sumber terbaik dari fitosterol, senyawa tumbuhan yang dapat menurunkan kolesterol dalam darah.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.