4 Bulan Karyawan PT Sumekar Tak Digaji, Ada Yang Sudah Meninggal Dunia

Avatar of PortalMadura.com
4 Bulan Karyawan PT Sumekar Tak Digaji, Ada Yang Sudah Meninggal Dunia
Taufikurrahman @portalmadura.com

PortalMadura.Com, Karyawan yang merupakan salah satu BUMD milik Pemerintah Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, memasang spanduk bernada protes.

Dalam spanduk ukuran kecil itu, bertuliskan “Kami seluruh karyawan PT Sumekar menuntut hak-hak kami dibayarkan”. Spanduk itu dipasang di depan kantor bersama BUMD, Jl. Trunojoyo, Kota Sumenep, Selasa (1/3/2022).

Salah seorang karyawan PT Sumekar Sumenep Hariyanto menjelaskan, pemasangan spanduk bernada protes itu adalah bentuk kekecewaan seluruh karyawan kepada pimpinan perusahaan.

Menurutnya, manajemen PT Sumekar yang salah satu usahanya dibidang pelayaran telah mengabaikan hak-hak karyawan bulanan. “Kami bekerja untuk digaji, bukan mengabdi,” katanya.

Hariyanto menyebutkan, karyawan yang tidak mendapat gaji sebanyak 60 orang. Mulai dari penjaga loket pelabuhan, anak buah kapal [ABK] dan karyawan kantor.

“Rata-rata, mereka tidak mendapat gaji selama 4 bulan,” terangnya.

Bahkan, ada karyawan yang sudah meninggal dunia dan masuk hari ketujuh belum mendapatkan gaji dari perusahaan, nilainya sekitar Rp7,5 juta.

“Bervariasi gaji karyawan, mas. Bila dijumlah berdasarkan gaji kita, semuanya berkisar Rp258 juta selama 4 bulan,” katanya.

Mereka juga tidak mendapat bantuan subsidi gaji dari pemerintah.

PT Sumekar Sumenep mengelola pelayaran, KM Dharma Bahari Sumekar I, dan II serta KM Dharma Bahari Sumekar III. Rute pelayaran antar pulau di wilayah Sumenep.

Sementara, Direktur PT Sumekar Sumenep Imam Molyadi menjelaskan, keterlambatan gaji karyawan karena perusahaan mengalami masalah keuangan sehingga belum mampu membayar gaji karyawan ditambah biaya operasional tinggi. Sedangkan pemasukan sangat minim.

“Apalagi di tahun 2021, tidak ada aktifitas keperintisan karena satu kapal rusak [docking]. Dan gaji mereka diambilkan dari hasil pelayaran. Kalau berlayar ada pemasukan, kalau tidak ya sabar dulu,” dalihnya.

Pihaknya mengaku akan membayarkan seluruh keterlambatan gaji karyawan setelah kapal kembali beroperasi. “Terkecuali gaji bagi yang meninggal dunia, kami akan usahakan secepatnya,” pungkasnya.(*)

Tonton Juga : Isra Mikraj, Rahasia 4 kalimat dibalik Tongkat Nabi Musa

PortalMadura.Com, media online pertama di Sumenep [2013-2022)

Ikuti juga update berita di akun resmi berbagai media sosial Portal Madura

* SnackVideo I PortalMadura.Com [verified]
* TikTok I PortalMaduraTV/ Portal Madura
* Instagram I PortalMaduraTV/ Portal madura
* Twitter I Portal Madura
* Helo I PortalMaduraTV [ID: 761323246]
* YouTube I PortalMaduraTV/ PortalMaduraComOfficial

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.