oleh

4 Cara Ajarkan Si Kecil Agar Tak Berperilaku Konsuntif

PortalMadura.Com – Mengajak si kecil berbelanja bukanlah suatu perkara yang mudah, karena mereka pasti banyak maunya. Apalagi bila mereka melihat suatu yang ia inginkan seperti jajanan, mainan, dan semacamnya.
Meski masih dapat dimaklumi karena masih anak-anak, bukan berarti dibiarkan dan dituruti terus-menerus ya. Sebab, hal tersebut akan menjadi kebiasaan konsumtif hingga dewasa nanti. Karena itu, mereka harus diajarkan untuk tidak konsumtif sejak dini.

Selain itu, yang paling yakni sebagai orang tua sebaiknya mengajari anak cara menyisihkan uang untuk keperluannya kelak. Berikut beberapa cara yang bisa Anda coba untuk diterapkan agar anak tak berperilaku konsumtif.

Tanamkan Prinsip ‘Beli yang Dibutuhkan, Bukan Diinginkan’
Sebagai orang tua, Anda harus menanamkan prinsip ‘beli yang dibutuhkan, bukan yang diinginkan’ kepada anak. Meski demikian, orang tua sangat bisa membantu anak memilah dan membedakan mana barang yang merupakan kebutuhan dan mana yang hanya ingin dibeli. Jangan sampai lapar mata karena itu akan memunculkan perilaku konsumtif.

“Misalnya, anak-anak sudah dikasih uang oleh orang tuanya. Tiba-tiba ada iklan es krim yang lezat. Sebenarnya dia tidak butuh. Tapi dia ingin. Akhirnya anak itu beli es krim. Padahal uangnya dia butuhkan untuk keperluan transportasi,” jelas Made, business partner Allianz.

Ajari Anak Cara Menyisihkan Uang
Tidak hanya itu. penting juga bagi anak-anak untuk mengerti caranya menyisihkan uang. Made mengatakan, ada dua tipe orang menyisihkan uang. Tipe pertama, menyisihkan uang terlebih dahulu, baru sisanya dibelanjakan. Sedangkan tipe kedua membelanjakan dulu, kalau ada sisanya baru disisihkan.

Loading...

Menurut Made, tipe pertama merupakan yang paling tepat dalam menyisihkan uang. Kalau mendahulukan belanja, bisa jadi tidak ada uang yang tersisa. Jadi, lebih baik memang ada sejumlah uang yang memang disisihkan sejak awal untuk keperluan jangka panjang.

Jelaskan Apa Saja Keperluan Mereka
Cara yang paling mudah untuk mengajarkan anak nggak konsumtif yaitu dengan menjelaskan apa saja keperluan mereka. Misalnya, keperluan sekolah seperti buku, pensil, tas, sepatu, dan seragam memang perlu dibeli. Selain itu, ingat bahwa anak harus belajar untuk mementingkan keperluan sekolahnya yang memang sedang mereka butuhkan.

Tidak dapat dipungkiri, memberikan edukasi keuangan kepada anak juga ada tantanngannya. Selalu banyak godaan yang berhasil mebuat anak jadi ingin beli barang yang tidak mereka butuhkan. Godaan itu biasanya datang dari lingkungan sekitar. Misalnya, teman punya sepatu baru yang memang sedang tren, si kecil pun ingin dibelikan sepatu. Padahal sepatunya masih bagus, dia hanya ikut-ikutan temannya.

Orang Tua Jadi Contoh untuk Anak
Orang tua juga harus memberi contoh pada anak dengan tidak berperilaku konsumtif. Jangan hanya menyuruh anak untuk tidak konsumtif, tapi kita malah membeli sesuati yang tidak dibutuhkan. Ingat, orang tua adalah contoh utama bagi anak. Jadi, konsisten ya untuk menggunakan uang dengan bijak.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda terapkan pada anak Anda untuk tidak konsumtif. Semoga menginspirasi ya. (haibunda.com/Nanik)





Berita PortalMadura
Loading...
Tirto.ID
Loading...

Komentar