4 Cara Ampuh Atasi Cegukan Saat Puasa

Avatar of PortalMadura.Com
4 Cara Ampuh Atasi Cegukan Saat Puasa
ilustrasi (detik.com)

PortalMadura.Com – Kelihatannya memang sepele, namun cegukan bisa sangat menyiksa. Apalagi jika munculnya di tempat yang tidak terduga. Misalnya, saat acara resmi atau di depan umum, bahkan bisa muncul saat Anda .

Jika hal tersebut menimpa saat berpuasa tidak akan mungkin Anda membatalkan puasa hanya untuk menghentikan cegukan ini. Lalu, bagaimana cara mengatasinya?. Ternyata, ada beberapa cara yang bisa Anda pilih untuk mengatasi cegukan tanpa harus minum dan membatalkan puasa.

Berikut empat cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi cegukan saat puasa:

Tahan Napas
Tahan napas Anda selama beberapa detik. Tubuh akan bekerja dengan membawa udara menekan saraf-saraf di kepala sehingga bisa meredakan cegukan. Ulangi dua hingga tiga kali kalau percobaan tahan napas yang pertama masih belum berhasil.

Menggunakan Kantung Kertas
Ambil kantung kertas, lalu tarik napas dan keluar napas dengan meniup kantung kertas tersebut (kantung kertas akan mengembang dan mengempis setiap kali Anda bernapas). Cara ini bisa meningkatkan kadar karbondioksida dalam aliran darah, sehingga tubuh secara otomatis bisa meredakan cegukan yang Anda rasakan.

Tutup Lubang Telinga dengan Jari Telunjuk
Jika sudah menahan napas tidak mempan dan Anda masih tetap cegukan, tutup kedua lubang telinga Anda dengan menggunakan jari telunjuk. Tahan beberapa saat sampai cegukan hilang. Beberapa ujung saraf vagus berada di sistem pendengaran kita. Tekanan dari ujung jari telunjuk bisa membantu Anda meredakan cegukan yang Anda alami.

Minta Digelitik
Cara ini memang terbilang aneh, namun ternyata sangat ampuh untuk mengatasi cegukan. Dengan digelitiki teman akan membuat Anda tertawa dan saraf tubuh Anda bisa “teralihkan perhatiannya” dan cegukan pun bisa hilang dengan sendirinya. (hijabnesia.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.