4 Cara Ampuh Hentikan Kebiasaan Ngompol pada Anak

Avatar of PortalMadura.com
4 Cara Ampuh Hentikan Kebiasaan Ngompol pada Anak
Ilustrasi (Go Dok)

PortalMadura.Com – Ketika usia anak sudah di atas 5 tahun dan ia masih sering mengompol pasti akan membuat orang tua merasa kesal. Di samping rasa lelah karena harus mengganti dan mencuci seprai setiap hari, perasaan kecewa pun pastinya juga ada.

Apabila kebiasaan dibiarkan tentunya tidak akan baik baginya sampai ia dewasa. Di-bully sama teman-teman atau orang yang ada di sekitarnya pasti tidak bisa ia hindari. Tapi jangan khawatir dulu, masih ada beberapa cara menghentikan kebiasaan mengompol itu.

Mau tahu?. Berikut caranya:

Tetap Pastikan Kebutuhan Cairan Anak Terpenuhi
Mengurangi asupan cairan pada anak bukan cara mengatasi anak yang tepat. Si kecil tetap harus tercukupi kebutuhan cairan tubuhnya, baik dari air putih, jus, susu, atau makanan.

Baca Juga : Bunda, Ini 4 Trik Atasi Anak yang Sering Ngompol di Tempat Tidur

Membiasakan anak untuk minum cukup air putih ternyata membantu mengosongkan kandung kemih dan meningkatkan sensitivitas otot dan saraf di sekitarnya. Tanyakan pada anak, apakah ia perlu pergi ke toilet atau tidak setiap dua jam sekali.

Latih Supaya Terbiasa Buang Air Kecil di Malam Hari
Umumnya, anak-anak suka ngompol karena mereka tidak terbiasa bangun malam hari ke toilet. Jadi, ia perlu latihan beberapa kali supaya terbiasa. Caranya, minta anak untuk minum satu gelas air putih menjelang malam.

Baca Juga : Cara Cerdas Latih Anak Agar Tak Ngompol, Orang Tua Perlu Tahu

Kemudian, biarkan anak pura-pura untuk tidur di kasur setidaknya satu jam. Kemudian, minta ia untuk pergi ke toilet. Latihan ini dapat membangun memori pada otot di kandung kemih. Anda bisa menerapkan latihan pada anak usia 3 tahun secara rutin.

Batasi Asupan Air Menjelang Tidur dan Perhatikan Pilihan Makanannya
Untuk mencegah anak suka ngompol di malam hari, batasi seberapa banyak ia minum menjelang malam. Hindari juga makanan yang mengganggu fungsi kandung kemih. Contohnya makanan dan minuman yang mengandung kafein, seperti cokelat, teh, dan kopi. Selain itu, hindari jus jeruk dan makanan berprotein yang mengganggu tidur .

Berikan Apresiasi dan Pergi ke Dokter Jika Diperlu
Jika si kecil menunjukkan kemajuan selama latihan bahkan berhasil, jangan lupa untuk memberikan apresiasi padanya. Anda bisa memberikan pujian atas kerja kerasnya atau hadiah sebagai tanda keberhasilannya. Jika cara mengatasi anak ngompol di atas, masih tidak ampuh, jangan ragu untuk konsultasi ke dokter.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.