oleh

Resep Plecing Ayam Khas Lombok Super Pedas dan lezat

PortalMadura.Com – Salah satu masakan khas Lombok yang banyak penikmatnya, yaitu plecing ayam. Hidangan ini memiliki karakter rasa pedas nikmat yang dihasilkan dari paduan bumbu penyedap dan cabai.

Daging ayam yang digunakan untuk membuat plecing ayam ini bisa dari jenis ayam kampung atau broiler yang penting ayamnya tidak terlalu tua karena tekstur dagingnya tidak akan selunak daging ayam yang masih muda.

Untuk proses penyajiannya cukup sederhana, yaitu dengan membersihkan terlebih dahulu ayam dari jeroannya lalu dibelah dan dibuat seperti ayam bakakak sebelum akhirnya dibakar matang. Sementara bumbu halus dan penyedap yang dibuat dioleskan pada saat ayam dibakar.

Baca Juga: Pedasnya Nampol, Resep Plecing Kangkung yang Bisa Bikin Ketagihan

Berikut resep plecing ayam khas Lombok:

Bahan-bahan:

1 ekor ayam (kampung atau broiler) yang masih muda
4 sendok makan minyak goreng
3 buah jeruk limau

Bumbu-bumbu (haluskan):

4 butir bawang putih
9 buah cabe merah
17 buah cabai rawit (sesuai selera)
½ sendok teh terasi matang
Garam dapur secukupnya
Gula pasir secukupnya

Cara membuat plecing ayam khas Lombok:

Ayam yang sudah disiapkan dibelah di bagian dadanya dan dikeluarkan jeroannya lalu cuci bersih. Kemudian, tekan perlahan dada ayam yang sudah dibelah hingga terbuka (seperti ayam bakakak) dan tusukan bambu dari ujung ke ujung.

Selanjutnya, siapkan bara api lalu panggang atau bakar ayam sampai matang dan angkat. Sisihkan sebentar. Buat bumbu masak dengan cara menghaluskan bahan untuk bumbu, lalu mencampurkannya dengan air perasan jeruk limau serta minyak goreng. Aduk-aduk sampai tercampur secara merata.

Setelah itu, lumuri ayam bakar dengan campuran bumbu halus sampai merata secara keseluruhan, kemudian bakar kembali ayam dengan sesekali diberi olesan campuran bumbu halusnya sampai meresap dan permukaan daging mengering. Angkat dan sajikan. Plecing ayam khas Lombok siap dinikmati.

Rewriter : Salimah
Sumber : faktualnews.co

Komentar