oleh

4 Cara Bikin Anak Suka Pelajaran Matematika

PortalMadura.Com – Salah satu mata pelajaran yang tidak disukai mayoritas pelajar, yaitu matematika. Sebab, pelajaran yang satu ini berhubungan dengan perhitungan dan angka serta huruf yang sering kali membuat mereka kesulitan.

Untuk itu, orang tua tidak boleh tinggal diam dan harus mencari tahu cara mendidik anak agar menyukai pelajaran matematika.

Nah, berikut ini empat cara membuat anak menyukai pelajaran matematika menurut influencer pendidikan yang juga penerima beasiswa untuk jurusan Matematika Terapan di Universita Waseda Jepang, Jerome Polin, dilansir dari laman Tempo.co, Kamis (15/8/2019):

Mengenalkan Matematika pada Anak Sejak Kecil

Penyebab utama anak tidak menyukai matematika karena mereka tidak paham dengan pelajaran tersebut. Sebagaimana menurut Jerome, bahwa dirinya banyak melihat kasus tentang salah satu alasan mengapa anak tidak menyukai matematika karena ketidakpahaman akan pelajaran itu. Maka dari itu, dengan mengenalkan matematika pada anak sejak dini, mereka pun akan belajar memahaminya sehingga nanti akan menjadi lebih suka.

“Jadi perlu diperkenalkan dulu apa sih matematika, gimana sih caranya. Baru setelah itu anak akan paham dan ujungnya akan lebih mudah suka pelajaran matematika,” kata Jerome.

Menanamkan Pola Pikir pada Anak Jika Matematika itu Menyenangkan

Ceritakan pada anak, betapa menyenangkannya bisa mengerjakan soal matematika dengan baik dan bisa menjadi kebanggaan tersendiri ketika jawaban tersebut ternyata benar.

Loading...

Hal ini pun dirasakan oleh Jerome saat kecil, ia mengaku bahwa ada rasa tertantang saat mengerjakan soal matematika. Suatu kebanggan tersendiri juga akan muncul saat dirinya dapat menyelesaikan dan jawabannya benar. “Jadi orang tua bisa ilustrasikan serunya matematika supaya anak-anak penasaran dan tertarik untuk latihan matematika,” ujarnya.

Baca Juga: Kamu Ingin Menaklukkan Matematika? Lakukanlah 4 Jurus Ini!

Memberikan Apresiasi untuk Prestasi Anak di Pelajaran Matematika

Poin lain agar orang tua dapat mengajak anak menyukai matematika adalah dengan apresiasi. Menurut Jerome, setiap orang pasti senang diberi pujian sehingga hal ini akan terus ditekuni dan dilakukan agar menerima hal serupa.

“Tanpa disadari pujian itu menyenangkan sehingga kalau orang tua sering kasih pujian ke anak, sekecil apapun perkembangannya dalam matematika, anak pasti akan semakin semangat dan rajin untuk belajar, apalagi kalau sebelumnya sudah menemukan serunya matematika,” ungkapnya.

Mencarikan Guru Matematika yang Berkualitas

Selain orang tua, seorang guru juga punya andil untuk bisa membuat anak didiknya menyukai matematika. Menurut Jerome, guru yang baik adalah pengajar yang sabar, luwes, dan tidak kaku untuk menjelaskan pelajaran matematika dengan sebaik-baiknya. Dengan demikian, anak pun akan tertarik untuk mempelajarinya. Sehingga Jerome pun mengimbau agar setiap orang tua bisa mencarikan guru yang sesuai dengan kriteria tersebut.

“Aku semakin suka matematika karena guru mengajarkan konsep yang membuat aku mengerti hingga ke akar-akarnya. Cara mengajarnya juga asyik sekali jadi aku kecanduan belajar,” pungkasnya.


Rewriter : Salimah
Sumber : tempo.co
whatsapp share top ten article
Loading...
Loading...

Komentar