oleh

4 Cara Bikin Sup Ayam Tak Amis untuk Sahur

PortalMadura.Com – Mengonsumsi sup ayam untuk menu sahur bisa menjadi salah satu hidangan yang sangat tepat. Sajian ini pun akan terasa kian nikmat dengan paduan bumbu dan kaldu yang lezat. Akan tetapi, bagaimana cara membuat sup ayam agar tidak amis?.

Anda tidak perlu khawatir, bagi Anda yang ingin membuat sup ayam supaya tidak amis, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Apa saja?

Berikut empat cara bikin sup ayam tidak amis:

Cuci Bersih Daging Ayam
Cara paling utama adalah dengan menghilangkan semua kotoran yang ada pada daging ayam, yakni dengan mencuci serta membilasnya hingga bersih di air mengalir.

Kemudian, campurkan dengan air perasan jeruk nipis dan diamkan selama 30 menit, lalu kembali cuci bersih. Untuk menghilangkan bau amis, Anda juga dapat memakai larutan garam dapur, larutan cuka, larutan asam Jawa hingga parutan jahe.

Rebus dengan Air Dingin dan Api Kecil
Anda dapat mempersiapkan air dingin dan rebus ayam dengan api kecil. Api kecil yang digunakan, sari kaldu dapat keluar seutuhnya. Memang butuh waktu yang lebih lama, namun demi mendapat sup ayam lezat, tidak ada salahnya mencoba cara ini.

Baca Juga: Hanya dengan Sup Ayam Hangat, Flu Teratasi Tanpa Obat

Rebus 2 Hingga 3 Kali
Saat air rebusan telah berubah warna, Anda dapat menggantinya dengan air yang baru dan bisa dilakukan 2-3 kali. Cara ini dapat menghilangkan bau amis pada air kaldu dan daging ayam dapat lebih empuk.

Buang Sisa Lemak dan Kotoran yang Mengapung
Pada air rebusan terakhir, buang kotoran atau lemak yang mengapung hingga yang masih menempel. Lalu, Anda bisa menambahkan aneka bumbu dan rempah seperti bawang merah, bawang putih, lada, jahe, ketumbar, gula, dan garam.


Rewriter : Salimah
Sumber : liputan6.com

Komentar