oleh

4 Cara Cerdas Bersihkan Karat pada Kendaraan

PortalMadura.Com – Perawatan rutin wajib dilakukan pemilik kendaraan untuk menjaga semua komponen mobil tetap maksimal. Sehingga dalam berkendara tetap aman dan nyaman. Namun, sistem korosi atau karat masih bisa saja terjadi seiring pemakaian.

Oleh sebab itu, lakukan beberapa cara ini agar kendaraan Anda tidak korosi atau berkarat. Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman detik.com yang dikutip dari Astra Motor, berikut ini penjelasannya:

Menghilangkan Karat dengan Oli Bekas

Jika Anda masih menyimpan oli bekas di rumah, hal ini bisa digunakan sebagai pembersih karat pada bodi motor lho. Caranya juga mudah, Anda hanya perlu mengoleskan oli tersebut secara merata di bagian motor yang berkarat seperti pada leher knalpot.

Setelah diolesi secara merata, nyalakan mesin motor dan biarkan panas selama satu hingga dua menit. Panas ini akan membantu oli meluruhkan karat pada motor.

Menggunakan Pembersih Keramik

Selain oli bekas, pembersih keramik cukup ampuh untuk membersihkan karat pada sepeda motor. Anda tidak perlu repot-repot membersihkannya, cukup oleskan pembersih keramik pada bagian motor yang sudah berkarat, diamkan beberapa saat dan gosoklah dengan sikat hingga karat hilang.

Namun perlu diperhatikan, pembersih keramik memiliki dampak kurang baik untuk blok mesin. Ada baiknya untuk hindari mengoleskannya di area tersebut.

Menggunakan Stempet

Cara lain untuk membersihkan karat pada sepeda motor bisa menggunakan stempet atau gemuk. Gemuk sendiri merupakan cairan yang teksturnya sangat kental bahkan seperti gel yang licin.

Karena memiliki sifat yang lengket menyebabkan gemuk bisa bertahan lebih lama pada bagian yang dilumasi ketimbang menggunakan oli. Alhasil gemuk bisa digunakan untuk mencegah karat pada bagian body motor, selain itu pada rangka motor yang catnya sudah rusak juga bisa dilapiskan dengan gemuk atau stempet.

Menggunakan Pasta Gigi

Ternyata Anda bisa membersihkan karat pada bagian body motor dengan menggunakan pasta gigi yang ada di rumah. Caranya mudah, Anda bisa mengoleskan pasta gigi pada bagian motor yang berkarat. Setelah itu tunggu hingga beberapa menit dan gosok perlahan menggunakan kain lap.

Sebagai pengingat, cara ini memang tidak instan. Jadi Anda perlu membersihkannya hingga beberapa kali agar karat benar-benar hilang.

Rewriter : Desy Wulandari
Sumber: Detik.com

Komentar