oleh

4 Cara Cerdas Hadapi Bos yang Menyebalkan di Kantor

PortalMadura.Com – Ada berbagai tantangan dalam dunia pekerjaan yang harus dilalui dengan penuh keyakinan. Salah satunya yaitu pimpinan yang bersikap kurang menyenangkan atau bahkan menyebalkan di kantor.

Hal ini tentu menjadi kendala tersendiri bagi Anda. Sebab, bukan hanya bisa membuat pekerjaan menjadi terganggu tapi bisa bikin konsentrasi Anda buyar.

Walaupun ia adalah sosok atasan atau pimpinan di perusahaan, Anda masih bisa berbuat sesuatu untuk mengubah situasi yang ada agar menjadi baik dan menyenangkan untuk bekerja. Meski tidak menjamin akan berubah seratus persen, tapi dengan Anda proaktif kemungkinan untuk mengubah situasi buruk tertentu di kantor tetaplah mungkin terjadi.

Berikut 4 cara ampuh mengatasi bos yang kurang menyenangkan:

Utarakan Langsung
Tak selamanya berbicara dengan bos menjadi momok yang mengerikan. Terkadang, jika Anda telah berhasil membangun hubungan yang baik dengan atasan, maka banyak tanggung jawab pekerjaan justru akan terasa menyenangkan dan tertantang untuk dikerjakan.

Cobalah mengutarakan apa yang sesungguhnya Anda kurang suka terkait kultur gaya memimpin bos Anda tersebut. Tentunya dan jangan lupa dengan cara yang mengedepankan sopan santu saat Anda menyampaikan hal ini. Mulailah dengan sifat positif yang Anda sukai dari bos, kemudian baru mulai menyampaikan apa yang ada di benak Anda setelahnya.

Sampaikan pada Atasan Bos Anda
Jika Anda telah menyampaikan keluh kesah Anda kepada bos di kantor dan tidak membuahkan hasil, Anda bisa mencoba alternatif selanjutnya yakni dengan berbicara dengan atasan pimpinan Anda di kantor.

Utarakan sesuatunya dengan sifat positif dan juga terbuka. Sampaikan secara langsung, jika Anda ingin dipindahkan ke departemen lain maka sampaikanlah dengan jelas beserta dengan alasan yang mendukungnya. Tetaplah untuk bersikap sebaik mungkin dalam menyampaikan argumentasi terkait bos Anda di kantor.

Bicara dengan HRD
Tidak nyaman berbicara dengan atasan di kantor, Anda bisa menyampaikan keluh kesah Anda kepada HRD. Sekali lagi, berusahalah untuk tetap positif dalam menyampaikan apa yang menjadi perhatian Anda pada atasan.

Jelaskan perilaku tertentu apa yang Anda tidak sukai terkait atasan Anda, dan apa yang Anda inginkan untuk orang tersebut ubah. Tidak lupa, dengarkanlah kritik yang disampaikan bos kepada Anda juga, serta buatlah beberapa perubahan untuk hal-hal tersebut.

Tinggalkan Kantor Anda
Telah mencoba segala hal namun tidak berujung pada perubahan, ada baiknya Anda meninggalkan pekerjaan Anda. Tidak peduli seberapa baik dan profesional Anda, beberapa masalah di kantor memang tidak semua bisa teratasi. Apalagi jika berkaitan dengan perilaku atasan yang kurang Anda sukai.

Jika Anda telah mengusahakanya dengan optimal dan keadaan justru semakin memburuk, mungkin meninggalkan tempat kerja sekarang merupakan jawaban yang baik bagi pertumbuhan karier Anda ke depan. (merdeka.com/Putri)


Komentar