4 Cara Cerdas Pilih Ban Motor Baru

  • Bagikan
4 Cara Cerdas Pilih Ban Motor Baru
Ilustrasi (Mescom.id)

PortalMadura.Com – Salah satu komponen penting yang berhubungan langsung dengan kenyamanan dan keselamatan pada motor yaitu ban. Alat ini bersentuhan langsung dengan jalan ketika motor dikendarai. Oleh karena itu, perlu perawatan yang baik dan rutin. Agar performanya selalu maksimal.

Pengendara motor wajib mengganti ban jika kondisinya sudah menipis. Namun, jangan asal mengganti atau membeli yang baru. Karena ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui jika ingin pilih ban baru untuk motor kesayangan. Apa saja? Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman liputan6.com yang dikutip dari laman resmi Astra Motor, berikut ini ulasannya:

Mengganti Ban yang Tidak Sesuai

Pemilihan ban yang salah akan sangat boros. Karet bundar akan lebih cepat tipis atau tidak nyaman dipakai ketika berada di jalan raya. Dampak yang terburuk dalam penggunaan ban yang tidak sesuai juga bisa mengancam keselamatan saat berkendara.

Arti Kode Pada Ban

Pemilik motor dapat memperhatikan ban di sisinya, karena pasti memiliki kode khusus. Misalnya terdapat ban dengan kode ban 180 / 50 R – 17 M / TL. Angka 180 dapat diartikan bahwa lebar tapak ban dalam yaitu 180 milimeter. Untuk angka 50 memiliki arti ketebalan sisi ban yang diukur dari lebar tapak.

Huruf R dalam kombinasi kode tersebut mengartikan jenis ban yang radial. Angka 17 disertai huruf M merupakan batas kecepatan maksimum yang boleh anda tempuh. Dalam kode ini batas kecepatan maksimumnya adalah 130 km/jam. Huruf TL menunjukkan bahwa ban tersebut berjenis ban tubles.

Kode Lain

Juga ada kode lain yang terdapat pada sisi ban. Sebagai contoh kode R 41 P. Huruf R mengartikan bahwa jenis ban tersebut adalah radial. Angka 41 mengartikan tekanan angin pada ban dalam kondisi dingin. Sedangkan, huruf P mengartikan batas kecepatan maksimum yang ditempuh yaitu 150 km/jam.

Terkadang, bisa juga ditemukan kode dengan kombinasi 4 angka. Sebagai contoh tertulis angka 2316 pada ban. Angka ini mengisyaratkan periode pembuatan ban tersebut. Kombinasi angka 2316 berarti ban tersebut dibuat pada minggu ke 23 pada tahun 2016.

Jenis-jenis Ban

Secara umum terdapat 4 jenis ban, di antaranya yaitu touring, daily, extrem dan competition.

Jenis ban yang digunakan untuk aktivitas sehari-hari yaitu jenis daily dengan material keras. Jenis ban touring seperti namanya memang sudah diciptakan secara khusus untuk touring dengan material compound serta grip yang bagus. Untuk jenis extrem bisa dijumpai pada ban sepeda trail dengan material keras. Jenis ban competition terbuat dari material super soft compound yang cocok digunakan pada area tanah.

Pastikan pemilik motor menggunakan jenis ban yang sesuai kendaraan, serta penggunaannya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.