4 Cara Efektif Maksimalkan Perkembangan Bayi 5 Bulan

Avatar of PortalMadura.com
4 Cara Efektif Maksimalkan Perkembangan Bayi 5 Bulan
ilustrasi

PortalMadura.Com – Seorang bayi setiap bulannya pasti bisa menunjukkan perkembangan yang pesat. Saat sudah menginjak usia 5 bulan, si kecil mungkin sudah mulai bisa berguling dengan otot kepala dan tangan yang sudah lebih stabil.

Selain itu, mereka juga mungkin sudah bisa ikut “ngobrol” ketika melihat orang di sekitarnya berbicara. Nah, untuk memaksimalkan atau mengoptimalkan tumbuh kembang bayi di usia 5 bulan, ada beberapa cara dan hal sederhana yang bisa orang tua lakukan.

Berikut empat hal mudah yang bisa Anda lakukan untuk membantu memaksimalka perkembangan si kecil di usia 5 bulan:

Baca Juga: Bunda, Ini 4 Cara Cerdas Optimalkan Perkembangan Bayi Usia 4 Bulan

Bantu Membedakan Suara
Pada usia lima bulan, bayi bisa memahami suara yang berbeda-beda. Tapi si kecil masih belum bisa paham kata-kata. Di sini, Anda bisa membantunya membedakan suara. Atau mencontohkan suara yang berbeda-beda, seperti apa suara burung, bebek, dan sebagainya. Si kecil pasti akan sangat bersemangat bisa mendengar bermacam-macam suara.

Ajak Berkumpul atau Bertemu Banyak Orang
Jalan-jalan ke taman atau menjadwalkan ikut play date bisa jadi cara seru untuk membuat si kecil lebih bersemangat. Di usia lima bulan, bayi akan sangat senang bila diajak untuk melihat banyak hal baru, mendengar berbagai macam suara, dan berinteraksi dengan banyak orang. Tentu saja perlu disesuaikan juga dengan kenyamanan si kecil.

Tirukan Suara-suara yang Dikeluarkan Si Kecil
Adakalanya Anda perlu juga menirukan suara-suara yang dikeluarkan si kecil. Besar kemungkinan di usia lima bulan bayi sudah bisa mengucapkan satu dua huruf vokal dan konsonan. Untuk memberitahunya bahwa Anda mendengarkannya, coba tirukan suara-suaranya. Buat si kecil tersenyum dan tertawa.

Beri Tempat Nyaman dan Aman untuk Berguling
Bayi mungkin akan lebih banyak berguling. Sediakan tempat khusus bermain yang aman dan nyaman untuk berguling. Beri si kecil ruang untuk bisa melatih otot-otot tubuhnya. Pastikan juga untuk selalu mengawasinya dan mencegah terjadinya cedera padanya.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.