Bunda, Ini 4 Cara Cerdas Optimalkan Perkembangan Bayi Usia 4 Bulan

Avatar of PortalMadura.com
Bunda, Ini 4 Cara Cerdas Optimalkan Perkembangan Bayi Usia 4 Bulan
ilustrasi

PortalMadura.Com – Ketika seorang bayi mulai menginjak usia empat bulan, mereka akan semakin tertarik pada banyak hal. Segala hal yang terjadi di sekitarnya sangat menarik perhatiannya. Anak pun mulai menunjukkan berbagai macam emosi.

Selain itu, bayi juga mulai bermain-main dengan suaranya karena ia sedang berusaha untuk berkomunikasi. Gerakan kepala dan tangannya pun sudah lebih stabil. Maka dari itu, untuk mengoptimalkan tumbuh kembangnya di usia 4 bulan, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan.

Berikut ini empat cara mengoptimalkan perkembangan bayi usia empat bulan:

Respons Emosi yang Ditampilkannya dengan Empati
Saat si kecil menunjukkan emosinya, coba lebih aktif memberikan respons. Berikan respons sembari menunjukkan empati. Ketika bayi tampak masih sedih setelah menangis, coba berikan respons seakan ikut merasakan kesedihan yang sama dengannya. Cara ini bisa jadi langkah pertama untuk membangun rasa saling percaya.

Lebih Sering Mengajaknya Bermain dan Berbicara
Bayi mulai lebih sering senang memerhatikan orang-orang yang ada di dekatnya. Untuk itu, Anda bisa lebih sering berinteraksi dengannya. Mungkin dengan mengajaknya lebih banyak bermain hingga berbicara. Sekadar membuatnya tersenyum dan tertawa saja sudah bisa membangun kedekatan sendiri.

Baca Juga: Bunda, Ternyata 8 Kegiatan Sederhana Ini Bisa Tingkatkan Perkembangan Otak Si Kecil

Respons Suara yang Dikeluarkannya
Saat bayi mengeluarkan suara-suara, entah hanya gumaman atau ocehan “bahasa bayi” cobalah untuk ikut merespons. Tunjukkan padanya bahwa Anda ada untuknya. Sehingga si kecil bisa merasa nyaman dan terlindungi.

Perbanyak Waktu untuk Tummy Time
Otot kepalanya sudah lebih kuat dan stabil. Coba perbanyak waktu untuk tummy time. Berikan si kecil mainan yang bisa bayi jangkau dan eksplorasi selama tummy time untuk membuatnya lebih nyaman.

Keberadaan Anda di dekat si kecil dan banyaknya waktu yang Anda habiskan bersamanya lebih berharga dari apapun. Ikatan dan kedekatan yang dibangun sejak dini ini pun bisa sangat membantu perkembangan emosi dan mentalnya di masa mendatang.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.