oleh

4 Cara Gunakan Dry Shampoo Agar Rambut Sehat

PortalMadura.Com – Sebagian perempuan mengandalkan dry shampoo (sampo kering) ketika ia tidak memiliki banyak waktu untuk keramas dan dirasa rambut sudah sangat kotor. Karena, alat ini dipercaya bisa menyerap minyak berlebih pada kulit kepala tanpa harus memakai air dalam penggunaannya.

Tidak hanya bisa membersihkan kulit kepala dari minyak, dry shampoo juga dikenal mampu menjadikan rambut lebih bervolume. Bagi yang memiliki tipikal kulit tipis mungkin ini menjadi solusi yang bisa dicoba.

Meskipun dry shampoo memiliki banyak manfaat untuk perawatan rambut, tidak jarang seseorang yang menggunakan itu mengaku bermasalah dengan rambutnya. Mulai dari ketombe juga rambut rontok gara-gara penggunaan dry shampoo.

Sebenarnya, ini tidak lepas dari penggunaan dry shampoo yang tidak tepat. Lantas, bagaimana cara menggunakan dry shampoo yang baik dan benar?. Berikut ini beberapa tips yang perlu Anda simak seperti dilansir Merdeka.com yang dikutip dari Fimela.com;

Pakai Seperlunya Saja

Boleh-boleh saja Anda menggunakan dry shampoo, tapi akan lebih baik jika Anda mengandalkannya hanya untuk dalam keadaan darurat saja. Misalnya, tidak memiliki banyak waktu merawat rambut dan acara mendesak dengan harus tampil cantik.

Baca Juga : Bahan Dapur Ini Bisa Dibuat Sebagai Dry Shampoo!

Karena, apabila Anda terlalu sering memakai dry shampoo dalam aktivitas sehari-hari bukan tidak mungkin bisa membuat rambut kusam dan juga rontok.

Loading...

Jangan Dituang ke Kulit Kepala

Umumnya, banyak orang menggunakan shampoo langsung meletakkannya ke kepala. Berbeda dengan dry shampoo, Anda disarankan agar tidak menuangkannya dan menggosoknya secara langsung, karena cara ini tidak akan efektif untuk rambut Anda.

Perlu Anda ketahui, dry shampoo ditujukan untuk helaian rambut, bukan kulit kepala. Jadi, caranya tuangkan ke tangan terlebih dulu, baru kemudian bubuhkan ke rambut menggunakan tangan Anda.

Biarkan Meresap Terlebih Dahulu

Apabila Anda sudah mengaplikasikannya ke rambut, maka jangan langsung disisir atau lanjut ke proses styling. Lebih baik jika dry shampoo dibiarkan meresap minyak di helaian rambut Anda. Dengan begitu, akan memberinya volume pada rambut.

Cuci Rambut Secara Optimal Saat Keramas

Tahukah Anda, ternyata residu dry shampoo yang mengendap di kulit kepala dan akar rambut akan menyumbat pori-pori. Nah, ketika pori-pori tersumbat, hal itu bisa menyebabkan jerawat di kulit kepala, minyak berlebih, ketombe, hingga yang parah yaitu kerontokan pada rambut.

Oleh karena itu, agar masalah rambut tersebut tidak terjadi saat menggunakan dry samphoo maka pastikan untuk mencuci rambut dengan optimal. Jika perlu, lakukan double cleansing agar rambut menjadi bersih.

Maksud double cleansing ini yaitu Anda disarankan melakukan proses keramas dua kali. Saat keramas pertama telah dilakukan, selanjutnya Anda mengulang keramas lagi sebagai proses pembersihan.

Demikian cara tepat menggunakan dry shampoo agar rambut dan kulit kepala senantiasa sehat. Semoga bermanfaat.


Rewriter : Putri Kuzaifah
Sumber : merdeka.com

Komentar