oleh

4 Cara Gunakan Minyak Kelapa untuk Bibir Kering dan Pecah-pecah

PortalMadura.Com – Mengalami bibir kering dan pecah-pecah pasti bikin tidak nyaman. Karena hal ini akan menurunkan tingkat kepercayaan diri seseorang dalam berpenampilan. Biasanya, mereka menggunakan lip balm untuk membuat bibir menjadi lembab.

Tapi selain itu, ada cara alami yang mungkin bisa Anda coba lakukan yaitu dengan menggunakan minyak kelapa. Pasalnya, minyak ini ampuh mengatasi bibir kering dan pecah-pecah.

Sebelum mengetahui cara mengatasi masalah bibir itu, Anda perlu tahu kandungan yang ada di dalamnya. Minyak kelapa termasuk salah satu bahan alami yang memiliki segudang manfaat baik untuk kecantikan maupun kesehatan. Minyak kelapa dianggap sebagai emolien alami yang bisa menjaga dan melindungi kelembapan kulit.

Selain itu, minyak kelapa juga mengandung sifat analgesik yang bisa membantu menghilangkan rasa sakit atau perih. Hal ini tentu saja berguna untuk memperbaiki tekstur bibir pecah-pecah yang tidak jarang membuat perih.

Baca Juga : 4 Khasiat Tersembunyi Minyak Kelapa untuk Merawat Kecantikan Kulit

Minyak kelapa juga memiliki efek antimikroba untuk melindungi kulit bibir yang pecah-pecah dari masuknya kuman penyebab infeksi. Kandungan antiradang di dalam minyak kelapa juga membantu mengatasi pembengkakan pada bibir akibat luka karena terlalu kering.

Cara Menggunakan Minyak Kelapa untuk Bibir
Anda bisa menggunakan minyak kelapa untuk bibir yang kering dan pecah-pecah sebagai perawatan di siang dan malam hari. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi bibir kering dengan minyak kelapa, seperti:

Digunakan sebagai Scrub
Scrub bisa membantu kulit bibir yang kering agar terkelupas. Cara membuatnya mudah, campurkan satu sendok garam atau gula dengan minyak kelapa. Kemudian aduk hingga tercampur rata. Lalu, oleskan campuran ini ke seluruh bibir yang pecah-pecah.

Baca Juga: Resep Scrub Bibir dengan Minyak Kelapa Agar Tampak Pink Alami

Gosok campuran tersebut secara perlahan dengan gerakan memutar kecil. Lakukan hal ini selama sekitar satu menit atau hingga bibir terasa halus. Kemudian, bilas dengan waslap lembap dan tepuk-tepuk hingga kering.

Digunakan sebagai Lip Balm
Selain digunakan sebagai scrub, Anda juga bisa menggunakan minyak kelapa sebagai lip balm. Caranya mudah, Anda hanya perlu meneteskan minyak kelapa langsung ke bibir beberapa kali dalam sehari saat terasa kering. Anda juga bisa membuat tekstur lip balm yang kental dengan mencampurkan minyak kelapa dengan bahan pengental seperti lilin lebah atau shea butter.

Digunakan sebagai Masker
Minyak kelapa juga bisa digunakan sebagai masker bibir. Tidak perlu mahal-mahal membeli masker yang sudah jadi, Anda hanya perlu mencampurkan minyak kelapa dengan madu agar teksturnya lebih kental dan tahan di bibir semalaman.

Gunakan Minyak Kelapa Murni
Apa pun cara penggunaan yang Anda pilih, pastikan untuk menggunakan minyak kelapa murni. Pasalnya, minyak kelapa yang dibuat tanpa campuran bahan kimia apapun cenderung aman digunakan secara berkepanjangan. Selain itu, minyak kelapa murni juga dapat memberikan manfaat maksimal untuk mengatasi bibir yang kering dan pecah-pecah.

Meski terbuat dari bahan alami, tidak menutup kemungkinan bahan ini menimbulkan reaksi alergi pada sebagian orang. Oleh sebab itu, konsultasikan ke dokter jika Anda mengalami reaksi alergi pada bibir seperti kemerahan, bengkak, dan juga gatal.


Rewriter : Putri Kuzaifah
Sumber : hellosehat.com

Komentar