Guys, Kenali Cara yang Benar Pilih Camilan Sehat

Avatar of PortalMadura.com
Guys, Kenali Cara yang Benar Pilih Camilan Sehat
ilustrasi

PortalMadura.Com – Bagi sebagian orang saat mendengar kata camilan, mungkin mereka akan berpikir bahwa makanan yang satu ini mengandung penuh lemak tinggi kalori yang jika dimakan berlebihan akan menimbulkan sejumlah risiko penyakit. Faktanya, tidak semua camilan tidak sehat.

Banyak juga camilan sehat yang justru baik untuk kesehatan jika dikonsumsi sesuai dengan takaran. Permasalahan berikutnya, seringkali banyak masyarakat yang tidak paham bagaimana memilih camilan sehat untuk tubuh.

Spesialis Gizi Klinis, dr Juwalita Surapsari, MGizi, SpGK, memberikan beberapa cara memilih camilan yang sehat.

“Setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda-beda, tergantung jenis kelamin, usia, berat badan dan juga aktivitas. Jadi walaupun usianya sama tapi kebutuhannya bisa jadi berbeda,” ungkap Juwalita.

Namun, Juwalita menjelaskan, untuk menjaga tubuh tetap sehat berenergi, hal yang paling penting ialah memilih asupan yang banyak mengandung serat. Untuk takaran sendiri, camilan yang sehat berkisar antara 200 kalori sehari.

Baca Juga: Tips Tetap Langsing Meskipun Makan Camilan di Malam Hari

“Kalau 200 kalori gorengan 2 biji bisa aja, tapi isinya minyak semua. Tapi kalau bisa memilih camilan yang ada protein dan serat maka pilihan ini akan lebih kenyang dan berenergi sehingga waktu makan selanjutnya bisa ditahan,” ujarnya.

Sementara untuk camilan sendiri, lanjut Juwalita, umumnya dimakan pada dua waktu dalam sehari. Yakni, di antara pukul 09.00-10.00 dan pukul 15.00-16.00.

“Dan kalau mau nyemil kalorinya tidak boleh lebih dari 10 persen dari kebutuhan, kalau usia reproduktif dan berat badan normal itu kebutuhannya 1.800 sampai 2.100 kalori, nah camilannya 10 persen dari itu,” tuturnya.

Dengan demikian, tidak perlu lagi untuk mengonsumsi camilan. Hal ini karena camilan yang dikonsumsi sudah sesuai dengan yang dibutuhkan oleh tubuh.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.