4 Cara Jadi Orang Tua yang Baik Bagi Remaja, Bunda Penasaran?

Avatar of PortalMadura.com
4 Cara Jadi Orang Tua yang Baik Bagi Remaja, Bunda Penasaran?
ilustrasi

PortalMadura.Com – Ketika orang tua merasa memiliki kendali yang besar terhadap putra-putrinya, terkadang hal tersebut biasanya justru membuat anak merasa terkekang dan sebagian anak memilih untuk memberontak. Namun, ada beberapa remaja lainnya memilih diam, tapi menunjukkan kepribadian yang berbeda di belakang orang tuanya.

Sayangnya, hal tersebut tentu sangat membahayakan. Sebab, anak bisa menjadi hilang kendali dan terjerumus pada hal-hal yang tidak diinginkan.

Seorang psikolog, Leslie Becker-Phelps, PhD., pernah mendengarkan cerita dari seorang pekerja sosial yang berpengalaman, Scott Hull, yang menjelaskan kepada orang tua bahwa jika mereka tidak dapat mengendalikan anak remajanya, mereka dapat memberikan pengaruh.

Orang tua juga sering terjebak dalam pertengkaran yang sama berulang, di mana mereka dan sang anak bersaing untuk saling mengontrol.

Supaya hal yang tidak diinginkan tidak terjadi, berikut ini empat bagi remaja:

Dengarkan
Jika anak merasa didengarkan dan diakui, mereka akan lebih terbuka untuk mendengarkan saran orangtua.

Kenali Diri Sendiri
Dengan menjadi sadar diri, orang tua juga dapat tetap memerhatikan kekuatan dan keterbatasannya, menjadikannya lebih mungkin bagi anak remajanya untuk merespons secara positif.

Baca Juga: 5 Hal Dasar yang Perlu Orang Tua Ketahui dalam Mendidik Anak

Menyesuaikan Diri
Daripada mencoba mengendalikan apa yang akan terjadi, lebih baik orang tua terus membimbing dan bekerja sama dengan anak-anaknya. Dengarkan keinginan mereka untuk memiliki lebih banyak kebebasan dan bermain bersama teman-temannya sambil tetap memegang teguh aturan rumah. Tentukan konsekuensi yang akan dibebankan jika mereka melanggar aturan itu.

BertanggungJawablah
Sangat mudah untuk terjebak dalam penilaian buruk atau perilaku bermasalah anak sehingga Anda lupa untuk mengawasi respons dan perjuangan Anda sendiri. Tugas Anda adalah mencintai anak apa adanya, memberikan bimbingan terbaik sebisa mungkin, dan mendukung mereka ketika butuh bantuan.

Orang tua memang berhak atas anak-anaknya, tapi terlalu mengendalikan anak juga tidak baik untuk perkembangannya. Jadi, cobalah menjadi orang tua yang baik bagi mereka.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.