4 Cara Jaga Akun Online Agar Tetap Aman

Avatar of PortalMadura.com
4 Cara Jaga Akun Online Agar Tetap Aman
ilustrasi

PortalMadura.Com – Di zaman teknologi yang semakin canggih, penipuan online dan pencurian identitas secara digital terus meningkat. Untuk itu, bagi mereka yang memiliki akun online sangat penting untuk menjaga perangkat teknologi dan akun online mereka seaman mungkin.

Sebagaimana menurut Consumer Security Expert, Pete Turner menyatakan, Hari Kata Sandi Dunia yang jatuh pada setiap tanggal 3 Mei, mengingatkan masyarakat agar lebih waspada dalam membuat kata sandi yang lebih .

Bagaimanapun, pesan mengenai pemeriksaan dan penggantian kata sandi secara regular masih belum berhasil. Ketika masih dilakukan pemastian keterbaruan dengan patch keamanan terakhir perangkat lunak pada perangkat Anda, bisa dikatakan terdapat skala luas ‘”kelambanan pembaruan” yang terjadi.

Baik kata sandi, pembaruan sistem Anda atau ponsel Anda, Anda harus melakukan langkah yang lebih baik ketika diminta maupun tidak, guna menjaga keamanan diri Anda secara online.

Berikut empat cara menjaga akun online tetap aman:

Memeriksa Router
Hal ini adalah pintu gerbang untuk semua perangkat Anda yang terhubung, dan dapat membahayakan jika kata sandi tidak aman. Jika layanan online yang pernah digunakan pernah dibobol, ada kemungkinan bahwa kata sandi tidak lagi aman. Pastikan mengubah kata sandi pada semua perangkat yang terhubung.

Sering Perbarui Perangkat
Pastikan semua perangkat yang terhubung dengan jaringan rumah telah diperbarui sesuai dengan patch perangkat lunak. Hal ini termasuk webcam, mainan yang terhubung, serta smart TV.

Memasang Antivirus
Antivirus bisa mendeteksi dan menangkal malware sebelum dia menyebabkan banyak kerusakan. Antivirus juga akan mendeteksi dan menghapus ancaman, seperti keylogging malware yang dapat melacak setiap kata sandi baru yang Anda buat.

Buat Kata Sandi Unik dan tidak Mudah Diketahui
Pilih frasa atau seri kata yang mudah diingat dan tambahkan karakter special untuk membuat kata sandi yang unik dan kompleks, termasuk nomor, karakter, dan simbol. Hindari kombinasi yang simpel dan mudah diingat seperti menggunakan nama Anda, “katasandi” atau “1234”. (metrotvnews.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.