4 Cara Jaga Kesehatan Mata dan Perkembangan Psikologis Anak

Avatar of PortalMadura.com
4 Cara Jaga Kesehatan Mata dan Perkembangan Psikologis Anak
ilustrasi

PortalMadura.Com – Di era digital yang semakin berkembang pesat dengan dukungan teknologi super canggih tentu memunculkan beragam gadget yang menarik perhatian, bahkan untuk kalangan anak-anak.

Sayangnya, gadget seperti tablet, smartphone, perangkat elektronik bermain dan lainnya juga memiliki dampak buruk untuk si kecil dan juga kesehatan, terutama gangguan mata. Untuk itu, orang tua perlu mencegahnya sedini mungkin.

Berikut empat cara menjaga dan perkembangan psikologis anak:

Kenalkan Gadget di Usia Tepat
Tidak bisa dipungkiri, sebagai orang tua melihat si kecil tenang dan tidak rewel lagi saat bermain gadget membuat senang. Padahal, hal ini bisa dibilang bukan solusi yang bagus untuk perkembangannya, karena saat terpapar gadget sejak kecil akan membuat konsentrasi turun dan anak akan malas menulis serta membaca, bahkan bisa juga membuat penurunan kemampuan bersosialisasi.

Untuk itu, orang tua perlu mengenalkan gadget di usia yang tepat, seperti saat mereka sudah melalui proses belajar yang cukup di sekolah, bersosialisasi dengan teman-temannya.

Buat Batasan Waktu
Jangan hanya dengan ucapan untuk menasehati anak bermain gadget. Sebagai orang tua, Anda mesti tegas menentukan batasan waktu si kecil bermain gadget sejak dini. Dengan penerapan yang disiplin seperti ini, akan membentuk kebiasaan sehat dalam menggunakan teknologi pada si kecil.

Selain itu, sangat disarankan untuk menggunakan aplikasi jam yang bisa membatasi penggunaan gadget, sehingga ketika waktu bermain gadget habis, perangkat elektronik seperti handphone dan tablet itu akan terkunci serta baru bisa digunakan lagi di waktu berikutnya.

Ajak Berdiskusi
Dengan mengajak diskusi berarti Anda sudah mengajak si kecil belajar mengeluarkan pendapatnya. Misalnya, dengan berbagai peraturan yang diterapkan, anak akan menanyakan kenapa tidak boleh terlalu sering bermain gadget. Nah, sebagai orang tua haruslah memberikan penjelasan itu tentang bahaya-bahaya bermain gadget.

Bangun Kebiasaan Baik untuk memelihara Mata
Mata adalah jendela dunia dan sumber belajar kehidupan, karena segala hal dipelajari lewat mata. Untuk itu, sudah seharusnya merawat mata dengan kebiasaan sehat, karena menciptakan kebiasaan sehat sejak kecil akan terus berjalan hingga dewasa.

Selain mengurangi bermain gadget yang terlalu lama, biasakan juga agar anak tidak menonton televisi dari jarak dekat dan biasakan membaca buku di ruangan terang.

Tidak hanya sekadar membangun kebiasaan bagus, Anda juga perlu melatih si kecil untuk belajar memulai pola makan bergizi. Seperti biasakan makan buah dan sayur yang mengandung gizi untuk kesehatan dan pertumbuhannya, misalnya banyak makan buah jeruk untuk vitamin C atau sayur wortel untuk Vitamin A. (tempo.co/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.