oleh

4 Cara Jitu Agar Tak Terjebak Macet

PortalMadura.Com – Di kota-kota besar seperti Jakarta, kemacetan lalu lintas masih saja terus menghantui aktivitas para penghuninya. Bahkan, data menyebutkan bahwa Jakarta termasuk dalam daftar kota termacet dunia nomor 10.

Maka dari itu, untuk mengurai kemacetan, tidak cuma butuh peran pemerintah. Namun, juga diperlukan peran dari warga setempat, melansir dari Detik.com. Ahad (9/2/2020). Lantas, bagaimana cara mengatasinya?.

TomTom yang menyajikan data kota termacet dunia dalam TomTom Traffic Index, memberikan beberapa cara agar tidak terjebak macet di jalanan.

Berikut empat hal yang perlu dilakukan pengguna jalan agar tidak terjebak macet:

Pertama, rencanakan perjalanan sebelum pergi. Luangkan waktu beberapa saat sebelum pergi untuk mencari tahu kondisi jalan ke tujuan. Misalnya, dengan mengecek GPS terlebih dahulu.

Dengan begitu, Anda bisa mempertimbangkan alternatif dan memutuskan tindakan yang terbaik sehingga tidak menambah kemacetan di titik tertentu.

Kedua, percaya kepada teknologi akan membantu menghindari kemacetan. Mungkin akan tidak nyaman untuk memilih rute yang jarang dilalui sambil mengikuti GPS. Berani mengambil rute alternatif yang ditawarkan perangkat navigasi terkini mungkin menjadi pilihan baik untuk menghindari kemacetan.

Baca Juga: 7 Cara Nyetir yang Irit Bensin Dalam Kondisi Jalan Macet

Ketiga, ubah kebiasaan mengemudi. Biasanya, lalu lintas akan semakin padat pada waktu-waktu tertentu. Seperti di Jakarta, data TomTom Traffic Index menyebut kemacetan paling parah terjadi pada hari Jumat pukul 5 sore hingga 6 sore.

Gunakan informasi kemacetan terparah yang tersedia untuk menyesuaikan waktu keberangkatan. Berangkat lebih awal atau lebih lambat mungkin berarti menghindari waktu yang dihabiskan karena kemacetan di jalan.

Terakhir, cara agar tidak menyumbang kemacetan adalah dengan mencari transportasi alternatif. Apakah perjalanan harus menggunakan kendaraan pribadi?. Jika tidak, Anda dapat menggunakan alat transportasi lain, misalnya menggunakan transportasi umum.

Rewriter : Salimah
Sumber : detik.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar