oleh

4 Cara Jitu Bangun Komunikasi Agar Hubungan Asmara Langgeng

PortalMadura.Com – Dalam menjalin hubungan asmara, komunikasi merupakan kunci utama agar tetap langgeng. Tidak hanya sekedar melakukan makan malam romantis atau saling mengumbar rayuan. Namun ada kerja keras agar hubungan tersebut langgeng, dan mendatangkan kebahagiaan.

Menurut Julie Spira, seorang pakar relasi mengatakan bahwa ketika Anda berada dalam hubungan yang hebat, maka akan terasa mudah untuk membangun komunikasi.

Gempur Rokok Ilegal Pemkab Sumenep

BACA : Jelang Liga 3 Jatim 2021, Madura FC Masih Butuh Empat Laga Uji Coba

Sedangkan, ketika membangun hubungan jangka panjang, maka diperlukan upaya yang lebih besar pula untuk membangun keterampilan komunikasi. Sebab, tak jarang harapan dan kekecewaan bisa menghalangi semuanya.

Menurutnya, jika pasangan sudah bersama untuk waktu lama, mungkin dapat dirasakan adanya keterampilan komunikasi yang mulai memudar.

Namun, Anda tak perlu khawatir karena itu hal yang normal. Agar komunikasi dalam hubungan asmara terjalin dengan baik, berikut caranya untuk Anda.

Fokus Pada Hal Positif
Apa pun masalah komunikasi yang dihadapi, sangat penting untuk meluangkan waktu demi menyelesaikannya.

“Demi membangun keterampilan komunikasi dengan pasangan, kita perlu mencurahkan waktu membangunnya dan menciptakan rutinitas,” kata Spira.

Menurutnya, bila Anda fokus pada hal-hal positif yang dilakukan pasangan dan memperkuatnya, maka si doi juga akan tahu bagaimana melakukan percakapan yang lebih efektif dengan Anda.

Jadi Pendengar yang Baik
Sama seperti kita membutuhkannya untuk mendengar semua cerita kita, pasangan juga memerlukan hal yang sama.

“Semua orang ingin didengar dan dipahami, jadi penting juga untuk menjadi pendengar yang baik, dari pada memonopoli setiap percakapan,” kata Spira.

“Katakan, ‘aku mendengarmu, dan menghargai bahwa kamu membagikan pemikiran dan perasaanmu denganku’.”

Kalimat semacam itu akan meningkatkan keterampilan komunikasi dalam hubungan.

Ingatlah bahwa pasangan juga membutuhkan kesabaran dan dukungan, sama seperti kita membutuhkannya.

Baca Juga : Warga Madura Dapat Hibah Sapi Belgian dari Presiden Jokowi

Lakukan Hal Kecil yang Bermakna
Selain berfokus pada hal besar, kita juga tak boleh meremehkan hal yang nampak sepele.

“Mengirim pesan selamat pagi dan pesan selamat malam ke pasangan akan menciptakan aliran yang konsisten dalam hubungan yang membangun komunikasi sehat,” kata Spira.

Hal kecil tak selalu membutuhkan usaha, tetapi bisa memberikan efek besar dalam sebuah hubungan asmara.

Hadapi Permasalahan dengan Bijak
Saat terjadi masalah, jangan takut untuk membicarakannya. Ia menyarankan bahwa agar menanyakan kesediaan pasangan untuk mendiskusikan permasalahan atau hal-hal yang terasa salah.

Menurut Spira, menjadwalkan waktu khusus untuk membicarakan sebuah permasalahan bukan berarti Anda ingin memulai pertengkaran.

Hal tersebut justru menunjukkan bahwa Anda peduli dan pekat tehadap hal-hal yang dirasa keliru. Seringkali, hal yang nampak salah tak ada kaitannya dengan diri kita, dan justru berasal dari faktor luar, seperti keluarga atau finansial.

Komunikasi tidak harus menakutkan, bila Anda dan pasangan benar-benar peduli dan mencintai satu sama lain, maka kita pasti bisa mengatasinya dengan cepat.
Membicarakan hal tersebut, bersikap terbuka dan jujur satu sama lain adalah cara terbaik untuk membangun kepercayaan dalam suatu hubungan.

Cara tersebut juga bisa meletakkan fondasi yang kokoh untuk masa depan. Bagaimana pun, kita layak berada dalam hubungan yang bahagia dan sehat. Untuk mendapatkan semua itu, komunikasi adalah kuncinya.

Itulah beberapa cara membangun komunikasi yang baik dalam menjalin hubungan asmara. Semoga bermanfaat.

Dapatkan Berita terbaru dari kami via Telegram

Komentar