4 Cara Jitu Bikin Komunikasi di WhatsApp Semakin Lancar Selama WFH

Avatar of PortalMadura.com
4 Cara Jitu Bikin Komunikasi di WhatsApp Semakin Lancar Selama WFH
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Adanya wabah virus saat ini, pemerintah menerapkan untuk selalu berada di dalam rumah dan juga bekerja dalam rumah atau .

Hal itu sudah dilakukan dalam beberapa minggu ini, banyak masyarakat yang sudah terbiasa menerapkannya. Terutama dalam berkomuniksi sesama rekan kerja, keluarga, dan orang-orang terdekat selama masa pandemi.

Perubahan situasi saat ini seperti halnya WhatsApp akan semakin diandalkan untuk menghapus jarak dan membangun kedekatan serta saling memberi dukungan, berkolaborasi, dan tetap terhubung agar hubungan profesional dan pribadi tetap terjaga dengan baik.

Beberapa panduan sederhana dari untuk membantu Anda dalam berkomunikasi dengan lancar selama periode Work From Home (WFH). Apa saja itu?. Dilansir dari laman Detik.com, Jumat (17/4/2020). Berikut penjelasannya:

Tandai Pesan dengan Fitur ‘Bintang' (Star)

Adanya sistem ini, banyak di antara Anda pastinya tergabung ke dalam grup WhatsApp baru. Alhasil, notifikasi di WhatsApp menutupi pesan-pesan yang lebih penting. Tandai pesan-pesan penting yang dikirimkan di grup maupun chat agar mudah menemukannya di kemudian hari.

Dengn cara, tap dan tahan pesan yang ingin diberi bintang, lalu tap ikon bintang. Mudah bukan?. Jika Anda bisa menemukan pesan-pesan berbintang dengan tap ‘opsi lainnya' yang berbentuk tiga titik di kanan layar ponsel, kemudian tap ‘pesan berbintang'.

Baca Juga: Mau Akun WhatsApp Anda Aman? Lakukan 5 Langkah Ini

Sematkan Chat

Coba Anda perhatikan dalam berkomunikasi sehari-hari di WhatsApp, pastinya grup kantor memerlukan respon cepat oleh Anda, tetapi di sisi lain Anda juga harus mengikuti pembelajaran jarak jauh (online learning) anak-anak melalui grup chat khusus orang tua di sekolah.

Menentukan prioritasnya adalah kuncinya, sematkan fitur chat yang memungkinkan untuk menyematkan grup kerja ke bagian atas daftar chat. Jadi Anda tidak akan lagi kesulitan mencari-cari grup kerja di antara tumpukan chat-chat lainnya.

Dan untuk pengguna ponsel iPhone, geser ke kanan chat yang ingin disematkan, lalu tap ‘Sematkan'. Sementara untuk pengguna Android, ketuk dan tahan chat yang ingin disematkan, lalu tap ‘Sematkan chat'.

Jangan Khawatir Pesan Anda Akan Aman

Mengirim dokumen pekerjaan akan terasa lebih nyaman karena Anda yakin tidak ada pihak ketiga yang dapat melihat dokumen tersebut. Namun, berbagi file secara online memang bisa ribet dan galau mengirim informasi pribadi di platform online.

Tidak perlu ragu lagi untuk saling berkirim dokumen di WhatsApp, karena pesan terenkripsi secara end-to-end. Artinya, hanya Anda dan orang yang berkomunikasi dengan kalian saja yang dapat membaca pesan yang telah dikirim.

Istirahat Sejenak dan Sapalah Teman

Cobalah Anda menelepon teman atau orang-orang terdekat saat beristirahat atau seusai bekerja untuk sekadar saling sapa dan meringankan pikiran. Sisi lain Anda juga bisa melakukan panggilan grup hingga total empat orang melalui WhatsApp.

Untuk caranya, Anda hanya tinggal membuka chat dengan salah satu kontak yang ingin Anda hubungi melalui panggilan suara, lalu tap ‘Panggilan Suara'. Setelah itu, tap ‘Tambah Peserta', lalu, cari atau pilih kontak lainnya yang ingin ditambahkan ke panggilan. Selamat mencoba!

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.