4 Cara Jitu Kembalikan File yang Terhapus di Komputer

Avatar of PortalMadura.com
4 Cara Jitu Kembalikan File yang Terhapus di Komputer
ilustrasi

PortalMadura.Com – Apakah Anda pernah menghapus file di secara tidak sengaja?. Entah itu gara-gara tidak sengaja menekan tombol delete, atau bisa juga karena salah pilih file untuk dihapus. Mungkin, bisa dibilang bahwa sebagian besar di antara Anda pernah mengalami Hal ini.

Namun Anda tidak perlu khawatir, sebetulnya file yang terhapus itu bisa kembali dipulihkan atau dimunculkan. Ya, tentu saja bisa, asal tahu caranya. Lantas, bagaimana caranya?.

Berikut empat cara mudah mengembalikan file yang terhapus di komputer:

Periksa Recycle Bin
Kadang-kadang, orang tidak menyadari bahwa ada dua cara menghapus file, yaitu menghapus secara permanen dan menghapusnya untuk sementara atau lebih tepatnya ‘membuang' file tersebut ke tempat sampah.

Jika Anda tidak sengaja menghapus file, langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah memeriksa recycle bin. Sebab, bisa saja file tersebut tidak terhapus secara permanen, melainkan ada di recycle bin. Jika ada, klik kanan di file tersebut, lalu pilih restore. Voila! File tersebut akan kembali muncul.

Restore Previous Versionsya
Jika langkah sebelumnya tidak membantu, Anda dapat membuka folder, di mana file tersebut awalnya berada. Klik kanan pada folder tersebut, dan jika tersedia, pilih opsi “Restore previous versions“. Dengan begitu, Anda dapat membawa kembali isi folder tersebut dari tanggal sebelum file itu terhapus.

Menggunakan Backup File
Jika Anda secara teratur membuat cadangan hard drive, atau setidaknya libraries Anda, file tersebut mungkin saja diamankan di sana. Maka, langkah selanjutnya Anda tinggal memulihkan file tersebut. Namun, jika ternyata Anda tidak memiliki backup file, sudah waktunya bagi Anda untuk menjadikannya sebagai kebiasaan sekadar untuk antisipasi di masa mendatang.

Mencoba Program File Recovery
Cara ini merupakan yang paling terakhir, jika tiga cara sebelumnya tidak berhasil. Saat ini ada beberapa program file recovery. Program ini pada umumnya sangat mudah digunakan, dan yang paling menarik program ini banyak tersedia secara gratis.

Kemudian, sebagian program ini juga bersifat portabel. Artinya, Anda tidak perlu melakukan instalasi di komputer untuk menggunakannya. Anda dapat mengunduh program ini di komputer lain, dan menyimpannya di flashdisk. Lalu, jalankan program ini dari flashdisk Anda di komputer, di mana file yang tidak sengaja terhapus ingin dipulihkan. (liputan6.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.