oleh

4 Cara Jitu Ketahui Bakat Terpendam Anak

PortalMadura.Com – Percaya atau tidak setiap orang pasti terlahir dengan bakatnya masing-masing. Namun hanya saja bila bakat atau kemampuan tersebut tidak diasah, maka akan menjadi sesuatu yang terpendam begitu saja. Nah karena itulah, peran orang tua sangatlah penting disini. Karena sebagai orang tua sudah seharusnya tau bakat terpendam yang dimiliki anaknya sejak dini.

Menurut Psikolog Ajeng Raviando, orang tua bisa mengenali bakat anak dengan melakukan observasi rutin setiap hari. Ada perbedaan yang dapat terlihat ketika anak menyukai sesuatu, apakah itu bakat atau hanya kesenangan sesaat.

“Kalau memang bakat bahkan ketika santai melakukan hal tersebut, ada daya serap yang bagus. Jadi misalnya berbakat bahasa, cuma sebentar dikasih stimulasi akan sangat mudah menyerap. Oh sebentar saja bisa ya tanpa diajarkan rutin,” katanya.

Ia juga menjelaskan, bahwa ketika orang tua sudah menemukan bakat anak, maka langkah selanjutnya adalah memberikan stimulasi yang tepat. Tujuannya agar potensi bakat tersebut dapat berkembang semakin baik.

Selain itu, orang tua perlu berwawasan luas dan bersabar ketika mencari bakat anaknya. Yang harus diperhatikan adalah jangan terlalu memaksa sehingga malah jadi melawan minat anak.

Perlu diketahui, anak-anak secara alami melakukan hal-hal yang mereka sukai tanpa disuruh. Namun, anak-anak juga secara alami ingin membuat orang tua bahagia, sehingga terkadang mereka akan terus melakukan kegiatan yang bisa membuat orang tua bahagia dan melupakan hal yang menarik minat mereka.

Sayangnya, ini dapat menghalangi untuk menemukan minat dan bakat sejati mereka. Itu sebabnya, penting bagi orang tua mengetahui bakat terpendam anak sejak dini. Agar bisa mendorong mereka untuk melakukan sesuatu yang dapat mereka banggakan di masa depan nanti. Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui bakat anak.

Loading...

Kenalkan Anak pada Berbagai Kegiatan
Sebaiknya Anda tidak membatasi kegiatan anak hanya pada hal-hal yang Bunda tahu saja. Bila Anda menyukai bola basket, anak mungkin lebih tertarik pada sepak bola atau tenis, atau bahkan tidak tertarik pada olahraga apapun. Penting bagi orang tua untuk tetap berpikiran terbuka tentang hal-hal yang mungkin menarik bagi anak. Kenalkan kegiatan sebanyak mungkin padanya.

Tertarik dengan Dunia Anak
Anak-anak suka membicarakan hal-hal yang menarik bagi mereka, jadi dengarkan saat mereka berbagi pengetahuan yang baru didapat. Perhatikan juga kekhawatiran mereka, saat menyebutkan hal-hal yang tidak disukai.

Mendorong Semangat Anak
Anda harus mendorong impian anak, bahkan ketika mimpi itu tampak tidak realistis. Membiarkan anak mengikuti kata hatinya akan mengajari dia untuk berusaha meraih impiannya, bahkan jika hasil akhirnya berubah. Meskipun mungkin Anda ingin mendorong anak untuk melakukan beberapa kegiatan yang dianggap baik baginya, tapi sebenarnya yang terbaik adalah dengan membiarkan mereka menyukai minatnya sendiri. Anda bisa melarang mereka untuk suatu aktivitas jika itu berbahaya.

Biarkan Anak Mengejar Apa yang Mereka Ingin
Ketika anak mencoba kegiatan yang berbeda, Anda mungkin memperhatikan beberapa hal yang tampaknya mereka bisa, tetapi mereka tidak tertarik. Walaupun terkadang anak suka menghentikan kegiatannya di tengah jalan demi sesuatu yang lebih menarik baginya, tidak apa-apa biarkan saja. Biarkan mereka mengejar apa yang mereka ingin.

Namun, untuk sebuah kelas atau kegiatan yang sudah Anda bayar, seperti belajar kelas bahasa, sebaiknya jelaskan pada anak untuk menyelesaikan kelas tersebut daripada berhenti. Sebagai orang tua, Anda tidak boleh lupa bahwa peran Anda sebagai orang tua adalah untuk mengasuh anak dan menyediakan lingkungan yang penuh kasih dan dapat tumbuh menjadi individu yang seharusnya.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda coba untuk menggali potensi Anak. Semoga bermanfaat. (haibunda.com/Nanik)




Berita PortalMadura Aplikasi Android PortalMadura
Loading...
Tirto.ID
Loading...

Komentar