oleh

4 Cara Lindungi Sosial Media Dari Peretasan

PortalMadura.Com – Media sosial (sering disalah tuliskan sebagai sosial media) merupakan sebuah media daring dengan para penggunanya yang bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi blog, jejaring sosial, wiki, forum serta dunia virtual.

Beberapa hari yang lalu, dunia dikejutkan dengan berita kasus peretasan akun Twitter milik tokoh ternama dunia, tanggapan dari pihak perusahaan bahwa keamanan siber Kaspersky Lab tidak sepenuhnya kebal dari peretasan atau masalah lainnya.

Gempur Rokok Ilegal Pemkab Sumenep

BACA : Jelang Liga 3 Jatim 2021, Madura FC Masih Butuh Empat Laga Uji Coba

“Kami meminta semua orang untuk tidak panik, dan hanya menerima pola pikir bahwa setiap pengguna akun media sosial memerlukan pendekatan yang bertanggung jawab dan perlindungan menyeluruh,” ujar pakar keamanan siber di Kaspersky, Dmitry Bestuzhev.

Dengan adanya kabar ini, membuat beberapa kalangan lebih berhati-hati pada saat menggunakan media sosial. Sebenarnya pengguna tidak perlu khawatir, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengamankan akun media sosial.

Dilansir dari liputan6.com, Kamis, (6/8/2020), berikut ini empat cara memaksimalkan perlindungan pada akun sosial media yaitu :

Baca juga : [DATA] 20 Perguruan Tinggi Terpopuler di Media Sosial

Kata Sandi

Sangat penting untuk memiliki kata sandi yang unik, sehingga jika situs web lain membocorkan kredensial, akun Anda tetap aman. Untuk membuat kata sandi yang aman dan rumit untuk setiap situs web, gunakan teknik memori atau pengelola kata sandi.

Autentikas

Gunakan autentikas dua faktor, ketika login dan kata sandi perlu dikonfirmasi dengan memasukkan kode khusus. Selain itu, pertimbangkan untuk tidak menggunakan pesan teks untuk menerima kode ini, karena berpotensi untuk dibajak, gunakanlah aplikasi yang menghasilkan kode-kode tersebut. Atau, gunakan kunci fisik, yang terhubung ke perangkat terpisah melalui kabel USB atau NFC.

Peninjauan

Tindakan keamanan lain yang perlu diambil adalah peninjauan menyeluruh terhadap aplikasi yang memiliki akses pada akun twitter. Mereka dapat ditemukan di pengaturan akun twitter. Kami menyarankan mencabut akses ke akun Anda dari seluruhnya, atau yang dianggap tidak terlindungi secara menyeluruh sehingga jika terjadi peretasan, akun Anda tidak dapat dijangkau.

Privacy Checker

Mulai gunakan “Privacy Checker” untuk membantu menjadikan profil media sosial Anda lebih pribadi. Ini akan mempersulit pihak ketiga untuk menemukan informasi yang sangat personal.

Semoga dengan ini kita semua lebih bijak lagi dalam menggunakan sosial media sehingga berguna untuk kehidupan sehari-hari.

Dapatkan Berita terbaru dari kami via Telegram

Komentar