7 Kegunaan Paprika Untuk Wajah

Avatar of PortalMadura.com
7 Kegunaan Paprika Untuk Wajah
Ilustrasi (food.detik.com)

PortalMadura.Com – Bukan hanya untuk diet, ternyata banyak sekali memiliki manfaat untuk Anda. Paprika (Capsicum annuum L.) merupakan tumbuhan penghasil buah yang berasa manis dan sedikit pedas dari suku terong-terongan atau (Solanaceae).

Buahnya yang berwarna hijau, kuning, merah, atau ungu sering digunakan sebagai campuran salad.Dengan banyak memiliki kandungan vitamin dan antioksidan, yaitu vitamin A, B kompleks, vitamin C, vitamin K, kalsium, seng, zat besi, potasium, magnesium, dan fosfor.

Nah, simak tujuh manfaat paprika untuk wajah Anda, dikutip dari Merdeka.Com, Kamis (6/8/2020):

Baca juga : 5 Manfaat Konsumsi Paprika Merah bagi Kesehatan Tubuh Anda

Mencerahkan Wajah

Paprika mengandung vitamin, zat besi, dan beta-karoten yang mencegah terjadinya bintik-bintik di wajah, baik yang muncul karena pengaruh sinar ultra violet maupun bintik yang muncul karena faktor usia. Paprika akan memperbaiki kondisi kulit, dengan membatasi produksi melanin, yang dapat membuat kulit menjadi gelap.

Manfaat Anti-Penuaan

Kandungan beta-karoten pada paprika. Dikonversi menjadi vitamin A dalam tubuh. Vitamin A sendiri sangat peran penting dalam pemeliharaan kesehatan kulit. vitamin ini untuk mencegah terjadinya keriput dan menjadikan kulit tampak lebih cerah.

Menjadikan Kulit Bercahaya

Ternyata, paprika juga cocok digunakan sebagai masker wajah, dengan mencampurkan satu sendok makan paprika dengan dua sendok makan madu. Oleskan di seluruh wajah Anda dan biarkan selama 20 menit. Kandungan dalam paprika akan meratakan warna kulit Anda serta mengurangi wajah kusam. Masker ini juga dapat membantu mengangkat noda dan komedo, serta menjadikan kulit Anda lembut dan bersinar.

Namun, disarankan untuk melakukan tes alergi terlebih dahulu sebelum menggunakannya. Sebab tidak semua orang memiliki kulit yang tahan dengan kandungan capsaicim (yang memberikan rasa pedas pada cabai) di dalam paprika.

Mengobati Masalah Kulit

Sifat antibakteri dalam paprika menjadikannya efektif untuk pengobatan masalah kulit yang disebabkan oleh bakteri. jerawat adalah salah satunya. Rajin konsumsi paprika akan membantu dalam mencegah terjadinya jerawat.

Mengobati Varises

Paprika juga berguna untuk pencegahan dan mengobati varises, karena dapat memperkuat pembuluh darah dan memperlancar peredaran darah di dalam tubuh.

Mencegah Rambut Rontok

Paprika merupakan sumber vitamin B6 yang membantu dalam mencegah kerontokan rambut. Paprika juga mengandung zat besi yang memfasilitasi peredaran oksigen ke folikel rambut. Hal ini yang akan merangsang pertumbuhan rambut dengan cara meningkatkan sirkulasi ke kulit kepala.

Menjaga warna rambut

Vitamin B6 dalam paprika berhubungan erat dengan produksi melanin, yaitu pigmen yang menentukan warna rambut. Paprika bubuk juga dapat dimanfaatkan untuk mewarnai rambut secara alami. Namun, sebelum menggunakannya di kulit kepala Anda, disarankan untuk melakukan tes alergi di bagian dalam pergelangan tangan Anda untuk mengetahui apakah ada reaksi alergi.

Ternyata, banyak sekali manfaat dari paprika yang belum diketahui oleh banyak orang. Yuk, konsumsi paprika untuk kesehatan wajah Anda.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.