4 Cara Menata Kamar Tidur Si Kecil

Avatar of PortalMadura.Com
4 Cara Menata Kamar Tidur Si Kecil
Ilustrasi

PortalMadura.Com merupakan salah satu hal penting yang perlu orang tua persiapkan. Sebagian besar orang tua menginginkan kamar si kecil indah dengan berbagai furnitur yang bagus dan mahal tapi mengabaikan fungsi keamanan dan kenyamanan.

Padahal, seharusnya aman dan nyaman menjadi hal yang terpenting untuk memperkecil risiko bayi mengalami SIDS (Sudden Infant Death Syndrome). Oleh karena itu, jika Anda berencana membuat kamar bayi perhatikan beberapa cara menata makar bayi ini. Bagaimana caranya?

Berikut caranya:

Keamanan Bayi Nomor Satu
Tempat tidur bayi membutuhkan kasur yang kuat dan seprai yang pas. Hindari pemakaian bumper, bantal, selimut, dan meletakkan boneka berlebihan karena itu meningkatkan risiko SIDS. Jika dirasa perlu menambahkan kelambu, boleh-boleh aja. Selain menjaga bayi dari gigitan nyamuk atau serangga, kelambu juga bisa mencegah kaki bayi terselip di antara kasur dan kerangka tempat tidur.

Hindari penggunaan seprai dengan bahan yang terlalu lembut. Karena seprai dengan bahan terlalu lembut dikhawatirkan menimbulkan bahaya yang mencekik bagi bayi, terutama jika usianya di bawah satu tahun. Tidur di kasur empuk, sofa, kursi malas, atau kasur air memiliki risiko yang sama. Lalu, usahakan tidak meletakkan tempat tidur bayi dekat sumber listrik.

Memilih Boks Bayi
Saat memilih boks bayi, pastikan jarak antara bilah boks bayi tidak lebih dari 6 cm. Pastikan tidak ada bilah yang hilang atau retak. Lalu, pastikan ukuran kasurnya pas dengan boks. Kalaupun ada celah antara kasur dan kerangka boks jaraknya tidak melebihi 3 cm. Jangan lupa, pastikan boks bayi dicat dengan cat yang aman untuk bayi.

Pencahayaan Ruang yang Tepat
Jangan pasang lampu yang mengeluarkan cahaya biru atau fluorensen seperti lampu neon karena bisa mengganggu tidur bayi. Untuk kamar bayi, pilih lampu yang memiliki cahaya yang hangat dan berwarna kuning karena jauh lebih kondusif bagi bayi untuk bisa tidur nyenyak.

Membatasi Jumlah Perabot
Sebaiknya di kamar bayi jangan meletakkan terlalu banyak perabot. Oleh karena itu pilih perabot yang benar-benar dibutuhkan misalnya mesin white noise yang bisa membantu tidur bayi lebih nyenyak dan lampu tidur. (haibunda.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.