oleh

4 Cara Menjalin Hubungan Baik dengan Mertua

PortalMadura.Com – Seringkali, hubungan dengan mertua tidak selalu terjalin dengan baik. Hal ini tentu akan menjadi hal yang kurang baik dalam hubungan dengan keluarga. Pada situasi yang demikian, masalah sepele bisa menjadi besar dalam hubungan menantu dan mertua, dan hal ini seringkali terjadi dalam soal komunikasi.

Misalnya, masalah mengasuh anak yang sering menjadi perdebatan antara menantu dan mertua. Sebagai orang tua, Anda tentu merasa lebih mengerti cara mengasuh anak. Memang kehidupan dalam pernikahan memang terlihat indah. Menikah dengan pria atau perempuan yang paling kita kagumi dan cintai tentu saja merupakan mimpi yang menjadi kenyataan.

Tetapi kebanyakan dari kita merasa sulit untuk bergaul dengan mertua. Ada cara yang tepat untuk menangani hubungan dengan mertua, seperti yang dilansir dari laman fimela.com. Memahami adalah alternatif yang jauh lebih baik untuk menjalin hubungan baik dengan mertua seperti beberapa cara berikut.

Hindari Pembicaraa Negatif
Sering kali hubungan kita dengan mertua dipengaruhi oleh pendapat anggota keluarga lainnya. Dalam beberapa keluarga, mengeluh tentang ibu atau ayah mertua adalah hal yang mungkin membuatmu merasa emosi. Cobalah menunjukkan rasa hormat kepada mertua, lakukan komunikasi dengan mereka tanpa membahas tentang hal-hal yang sifatnya sensitif atau pun negatif.

Carilah hal-hal positif dalam perilaku, pengalaman dan sikap mereka. Berfokus pada yang positif akan membantumu meningkatkan kualitas hubungan.

Tunjukkan Rasa Terima Kasih
Ketika mertuamu melakukan sesuatu yang baik untukmu, suami atau anak-anakmu, beri tahu mereka bahwa dirimu menghargainya. Panggilan telepon atau berkirim pesan untuk mengucapkan terima kasih akan membantu mereka melihat secara positif dari dirimu. Bahkan untuk makan malam bersama yang menyenangkan dirimu layak untuk mengucapkan terima kasih.

Memberi Perhatian Layaknya Orang Tua Kandung
Pernikahan itu menyatukan dua keluarga. Mertuamu juga merupakan orang tuamu. Menghargai dan memberi perhatian perlu Anda lakukan layaknya memberikan kasih sayang dan perhatian kepada kedua orang tua kandung. Ini akan membuat mertuamu merasa beruntung memiliki menantu sepertimu.

Membantu Beberapa Pekerjaan Rumah
Jika mungkin dirimu satu rumah dengan mertua, cobalah untuk membantu melakukan pekerjaan rumah, ini sangat meringankan mertua, selain itu juga mertua akan merasa dirimu melakukan tanggung jawab sebagai anak sekaligus membantu yang dapat melakukan pekerjaan rumah dengan baik.

Anggaplah hubunganmu dengan mertua sebagai salah satu yang paling penting dalam hidup. Tetapi berusaha dengan meningkatkan kualitas hubungan dan membantu menjadikannya lebih positif akan memberikan manfaat bagi keluarga kecilmu.

Rewiter : Nurul Hijriyah
Sumber : fimela.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar