4 Cara Menyisihkan Uang agar Bisa Menabung

Avatar of PortalMadura.com
4 Cara Menyisihkan Uang agar Bisa Menabung
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Kegiatan menyisihkan uang dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan atau keperluan mendadak lainnya. Menabung memang mudah dilakukan, asal dengan cara yang tepat. Supaya lebih aman sebaiknya menabung di bank.

Anda akan mengalami kesulitan menyisihkan uang untuk menabung, saat Anda tidak bisa mengatur pengeluaran dengan benar. Terlebih jika Anda bekerja di luar kota yang harus menyisihkan sebagian uang untuk membayar kos dan memenuhi kebutuhan hidup lainnya.

Lalu bagaimana caranya menyisihkan uang untuk menabung? Seperti yang dilansir PortalMadura.Com dikutip dari fimela.com, berikut ini ada beberapa cara menyisihkan uang agar Anda tetap bisa menabung.

Catat Kebutuhan Tiap Bulan
Catatlah kebutuhan pokok yang harus dipenuhi dalam 1 bulan. Mulai dari biaya kos dan kebutuhan lainnya. Lalu total semua rincian tersebut dengan benar, agar Anda dapat mengetahui berapa besaran uang yang harus Anda keluarkan dalam satu bulan.

Tentukan Besaran Uang yang Harus Ditabung
Setelah melakukan perincian dan menotal semua biaya hidup selama 1 bulan, cobalah untuk melihat besaran gaji yang Anda dapatkan dari bekerja. Dari jumlah rincian, Anda dapat mengetahui berapa jumlah uang yang harus Anda sisihkan untuk menabung.

Belanja di Waktu yang Tepat
Saat belanja kebutuhan ada baiknya dilakukan saat weekend, karena akhir minggu biasanya lebih banyak diskon dan potongan harga yang lumayan besar. Sehingga membantumu untuk menghemat pengeluaran. Meskipun ada banyak taburan diskon, ada baiknya untuk tetap mengerem pengeluaran, belilah kebutuhan secukupnya saja.

Menyisihkan Uang untuk Kebutuhan Mendadak
Coba untuk menyisihkan sedikit uang untuk kebutuhan yang mendadak. Kebutuhan ini sifatnya tak direncakan, misalnya seperti Anda mengalami sakit dan harus berobat, motor Anda tiba-tiba mogok dan perlu untuk di service.

Menabung sebenarnya bukan masalah yang sulit, hanya saja kita harus pandai-pandai mengelola keuangan dengan benar. Sebisa mungkin untuk mempertimbangkan ketika hendak membeli barang.

Baca Juga: Lantik Kades PAW, Bupati Pamekasan Ingatkan Peningkatan Ekonomi Desa

Pikirkan apakah barang tersebut memang benar-benar sangat berguna atau tidak. Jika dirasa tidak terlalu dibutuhkan sebaiknya, gunakan uangmu untuk kebutuhan lain yang lebih bermanfaat.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.