4 Cara Mudah Hilangkan Jejak dari Internet

Avatar of PortalMadura.com
4 Cara Mudah Hilangkan Jejak dari Internet
Ilustrasi (JAVANEWS TV)

PortalMadura.Com – Keinginan menghapus jejak dari tentunya punya banyak alasan. Banyaknya hacker, pencurian data menjadi hal diantaranya. Oleh karena itu, pengguna internet merasa khawatir dan memilih menghilangkan jejak dari internet.

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan jejak dari internet. Lantas, bagaimana caranya? Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman detik.com, berikut ini penjelasannya:

Hapus Akun Email

Langkah ini sangat sulit, mengingat email masih menjadi metode komunikasi paling populer di dunia, dan alamat email digunakan untuk semua jenis transaksi digital, termasuk perbankan online.

Tapi jika ingin benar-benar ‘hilang' secara online, hapus akun e-mail termasuk yang sudah lama atau bahkan tidak pernah Anda buka lagi.

Mulai Pakai VPN

Meninggalkan Internet juga berarti siap untuk melepaskan perbankan secara online, belanja online, dan juga eksis di media sosial seperti Instagram atau media sosial lainnya. Tapi kalau memang masih belum bisa lepas berseluncur di dunia maya, cara aman adalah dengan memakai Virtual Private Network atau VPN.

Anda dapat menggunakan jaringan ini untuk mengenkripsi koneksi sehingga sulit untuk diretas. Dalam dunia bisnis, VPN memungkinkan karyawan yang bekerja dari jarak jauh membuat koneksi terenkripsi dengan jaringan perusahaan sehingga mereka dapat bekerja dengan aman. Tetapi konsumen biasa juga dapat menggunakan VPN.

Hapus Akun

Tidak menyadari terlalu banyak akun online adalah kerentanan yang bisa mengekspos begitu banyak data pribadi. Kita sering ‘dipaksa' untuk mendaftar atau sign in menggunakan akun Google dan lain sebagainya ketika mengunjungi suatu website. Lalu tanpa babibu, Anda langsung mendaftar.

Nah mulai sekarang, Anda bisa mengeleminasi akun-akun yang sudah tidak Anda gunakan lagi. Contohnya akun Facebook lama yang tidak lagi digunakan.

Hapus Data di Situs Broker

Pialang data primer seperti Intelius bisa mengumpulkan informasi dari catatan publik. Pialang data sekunder, seperti Spokeo, mengumpulkan informasi dari pialang utama dan biasanya menambahkan data yang dikumpulkan dari jejaring sosial dan sumber online lainnya.

Membiarkan informasi ini beredar di internet bisa berbahaya. Para troll mungkin akan menyalahgunakan nama, nomor telepon, alamat, atau akun online. Jika Anda ingin informasi diri Anda dihapus dari situs broker data, Anda perlu menghubungi mereka dan memintanya untuk dihapus.

 

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.